Wednesday, July 6, 2022
spot_img

Tekan Penularan COVID-19, Muspika Meuraxa Intensifkan Razia Masker

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Muspika Kecamatan Meuraxa di Kota Banda Aceh terus berupaya menekan angka penularan virus corona (COVID-19). Satu di antaranya dengan rutin melakukan razia masker.

Camat Kecamatan Meuraxa, Ardiansyah, menyampaikan pihaknya rutin melakukan razia masker di akhir pekan. Pasalnya, jumlah pengunjung yang datang ke wilayahnya terutama di Gampong Ulee Lheue meningkat tajam di akhir pekan.

“Jadi di situ bisa kita maksimalkan untuk menerapkan protokol kesehatan terhadap pengunjung juga orang berjualan pada hari itu,” kata Ardiansyah dalam keterangannya, Senin (12/10).

Razia masker di Kecamatan Meuraxa tersebut dilakukan dalam upaya pendisiplinan terhadap penerapan protokol kesehatan sejak diberlakukan Perwal Nomor 51 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Kota Banda Aceh.

Ardiansyah menyebut, jumlah pelanggar protokol kesehatan di wilayahnya terus menurun sejak rutin dilakukan razia masker. Setidaknya sejak bulan September sudah ada sebanyak 185 orang terjaring dalam razia yang dilakukan pihak Muspika Kecamatan Meuraxa.

“Ada penurunan sebesar 40 persen, terakhir kemarin hanya ada 20-an saja yang terjaring dari awalnya mencapai 40 orang sekali razia,” sebutnya.

Adapun pelanggar yang terjaring razia dikenakan sanksi sosial dan administrasi. Pelanggar bebas memilih satu di antaranya. “Jadi pelanggar bisa memilih seperti sanksi sosial menyapu jalan membersihkan fasilitas publik dan taman, kalau dia tidak mau sanksi sosial dia bisa memilih sanksi administrasi dengan membayar Rp50 ribu dan masuk langsung ke retribusi daerah,” jelasnya.

Selain razia masker, ia mengaku rutin melakukan sosialisasi kepada Forum Keuchik melalui grup whatsapp terkait informasi terbaru juga update terkini seputaran perkembangan kasus COVID-19.

“Semoga dengan upaya yang sudah kita lakukan, mudah-mudahan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan terus meningkat,” ujar Ardiansyah.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,547FollowersFollow
23,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU