Friday, May 17, 2024
spot_img

TDMRC USK Gelar Rangkaian Kegiatan Kenang 18 Tahun Tsunami Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM– Tsunami Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) dan Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala (USK) bekerjasama dengan Fasilitator Tangguh Bencana (FASTANA) TDMRC dan HIBEUNA MIK menggelar sejumlah kegiatan mengenang 18 tahun Tsunami Aceh.

Salah satunya berupa seminar bertema “Membangun Kesiapsiagaan Masyarakat Pasca-18 Tahun Tsunami Melalui Transfer Pengetahuan dan Pengalaman dalam Menghadapi Bencana”. Acara dibuka Wakil Rektor I Bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si., IPU, pada Sabtu lalu.

Kepala TDMRC USK, Prof. Dr. Syamsidik, S.T., M.Sc., dalam sambutannya menyebutkan, salah satu bukti kesiapsiagaan masyarakat Simeulue saat bencana gempa dan tsunami 2004 adalah transfer pengetahuan dan pengalaman lokal—smong yang diturunkan dari generasi ke generasi. “Ini merupakan faktor rendahnya jumlah korban akibat bencana masif 18 tahun lalu [di Simeulue],” katanya dalam keterangan, Senin (26/12/2022).

Ketua panitia Dr. Rina Suryani Oktari, S.Kep., M.Si., yang juga Ketua Prodi Magister Ilmu Kebencanaan (MIK) USK, menyebutkan, dua rangkaian kegiatan adalah seminar secara hybrid (daring dan luring) dan lomba video kreatif mitigasi bencana tsunami untuk kelompok siswa SMP dan SMA sederajat.

Seminar dipandu oleh Azman Fauzan, menghadirkan narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Fazli, SKM, M. Kes dan Ketua FASTANA, Maulana Kamal, yang menjelaskan peran pemuda dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana.

Seminar juga menghadirkan dua peneliti TDMRC yang menyampaikan hasil survei bencana di dua lokasi yang berbeda. Dr. Shaumi Syahreza, S.Si., M.Si menjelaskan hasil survei banjir di Kabupaten Aceh Tamiang dan Dr. Yunita Idris, ST. M.Eng.Structure, memaparkan hasil survei atas gempa bumi yang dilakukan timnya di Cianjur.

Dari sejumlah video kreatif berdurasi 2-3 menit yang diterima panitia lomba dari berbagai daerah seluruh Indonesia, terpilih tiga pemenang lomba. Juara I dari SMP Iskandar Muda, Aceh Utara, Juara II dari SMA Labschool Banda Aceh, dan Juara III dari SMAN 2 Batang, Jawa Tengah. SMA Labschool sekaligus menerima juara favorit dengan jumlah like (suka) terbanyak.

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU