Tahsin Bacaan Al-Fatihah, IKAT Aceh Roadshow dari Masjid ke Masjid

Tahsin Bacaan Al-Fatihah, IKAT Aceh Roadshow dari Masjid ke Masjid
Kegiatan Tahsin Al-Qur'an yang dilaksanakan Ikatan Alumni Timur Tengah di masjid. (Foto: Dok. IKAT Aceh)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh melaksanakan Roadshow Subuh Tahsin Al-Qur’an di sejumlah masjid untuk memperbaiki bacaan surat Al-Fatihah bagi peserta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam jadwal dwi mingguan oleh tim Tahsin IKAT Aceh dari satu masjid ke masjid yang lain.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an bagi peserta, wabil khusus surat Al-Fatihah, agar sesuai dengan kaidah bacaan tajwid yang benar,” ujar Ketua Ikat Aceh, M. Fadhillah, didampingi Ustaz Fadhlul Ridha selaku koordinator Tim Tahsin IKAT Aceh.

“Progam Tahsin dari mesjid ke mesjid sebagai media bagi para alumni Timur Tengah mendidikasikan ilmunya kepada masyarakat. Fokus kita adalah melahirkan masyarakat yang paham cara mempraktikkan dan memperbaiki bacaan surah Al-Fatihah yang baik dan benar,” lanjutnya.

Fadhillah menjelaskan, kegiatan tersebut dimulai dengan salat Subuh berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan tausiah singkat dari tim Tahsin IKAT. Usai tausiah langsung dibentuk halakah-halakah kecil di setiap sudut dan tiang masjid bersama para jamaah.

“Jamaah memperdengarkan bacaan Al-Fatihah mereka dan tim tahsin menuntun jamaah dan memperbaiki bacaan bila ditemukan kesalahan tajwidnya, juga melanjutkan kepada ayat-ayat lainnya,” sebutnya.

Tahsin Bacaan Al-Fatihah, IKAT Aceh Roadshow dari Masjid ke Masjid
Peserta mengikuti kegiatan tahsin bacaan Al-Fatihah yang dilaksanakan IKAT Aceh di masjid. (Foto: Dok. IKAT Aceh)

Ia menambahkan, para pengajar tim tahsin IKAT Aceh tersebut yang telah mendapatkan keilmuan Al-Qur’an secara bersanad yang sampai kepada Rasulullah SAW dari guru mereka ketika belajar di Timur Tengah.

“Saat ini sudah dilaksanakan empat pertemuan, masih fokus di Banda Aceh. Insyaallah setelah ini ke kabupaten-kabupaten lain, pesertanya beragam, dari anak-anak berusia 7 sampai yang sudah sepuh, berusia 65 tahun,” kata Fadhillah.

Pada Minggu (17/1), sebanyak 71 orang jamaah Masjid Syeikh Abdurrauf Gampong Blang Oi Banda Aceh mengikuti tahsin bacaan surat Al-Fatihah bersama tim Tahsin IKAT Aceh.

Pada kesempatan tersebut, tausiah singkat tentang Al-Qur’an disampaikan oleh Khairul Rafiqi, MA. Dalam taisiahnya, ia memberikan semangat kepada jamaah agar terus meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an.

“Jikalau hendak menjadi salah satu orang terbaik, maka jalurnya adalah melalui Al-Qur’an,” ujar Rafiqi.

Salah seorang imam Masjid Syeikh Abdurrauf Gampong Blang Oi Muhammad Nafis mengapresiasi kegiatan yang digagas IKAT Aceh dengan berkunjung ke masjid untuk melaksanakan Subuh Tahsin Al-Qur’an.

“Kegiatan ini sangat penting bagi jamaah dan juga kaum muslimin secara umum. Banyak di antara kita yang jarang memperdengarkan bacaan Al-Fatihah-nya kepada yang lebih mampu,” sebutnya.[Nas]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.