Tabuh Rapai Pase, FLS2N 2018 di Aceh Resmi Dibuka

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) resmi digelar di Aceh hari ini (27/8) hingga 1 September mendatang. Festival dan lomba untuk tingkat SMA dan SMK ini secara langsung langsung dibuka ditandai dengan pemukulan rapai pase oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, pagi tadi di halaman Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta, dewan guru dan para pelajar SMA/SMK dari berbagai wilayah di Indonesia yang telah hadir menyemarakkan Festival Lomba Seni Siswa Nasional tahun 2018,” ujar Nova menyambut kedatangan peserta dari seluruh provinsi.

Nova mengatakan, Aceh sebagai tuan rumah FLS2N tahun 2018 harus memanfaatkan kesempatan semaksimal mungkin untuk mendorong para pelajar SMA dan SMK di Aceh agar mampu menampilkan bakat seni dan karya-karya kreatifnya di ruang publik.

“Kehadiran para pelajar SMA dan SMK dari berbagai wilayah di Indonesia tentu saja akan sangat membanggakan bagi kami,sehingga ruang berbagi pengetahuan dan berkompetisi akan terbuka dengan lebar,” ujar Nova.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, mengatakan FLS2N XI yang mengangkat tema “Menumbuhkembangkan Seni, Menguatkan Karakter” bertujuan memotivasi siswa untuk mencintai seni agar mampu memahami dan mensyukuri segala ciptaan Tuhan, sekaligus mendorong kreativitas mereka di bidang seni.

“Artinya, seni sebagai salah satu kegiatan pendidikan tidak hanya diarahkan untuk menumbuhkembangkan estetika siswa yang mampu memahami dan mensyukuri berbagai bentuk keindahan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa, tetapi seni juga mampu mendorong sikap kreatif siswa sehingga dapat memperkuat karakter mereka,” ujarnya.

Hamid menyebutkan, FLS2N 2018 dilaksanakan di dua kota, yaitu Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung dan Banda Aceh, Aceh, mulai tanggal 26 Agustus hingga 1 September 2018

Selain itu lanjut Hamid, FLS2N juga untuk menghimpun potensi-potensi siswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk diperlombakan dan menjaring yang terbaik untuk mewakili Indonesia di tingkat internasional.

“Melalui festival ini, kita juga merajut tali kebangsaan dan nasionalisme siswa-siswi dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Mereka adalah wakil-wakil terbaik dan calon pemimpin masa depan,” ujar Hamid.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin selaku ketua panitia mengatakan Provinsi Aceh untuk tahun 2018 ini dipercayakan sebagai tuan rumah FLS2N Tingkat Nasional untuk jenjang SMA & SMK, sementara untuk jenjang SD & SMP dan PKLK digelar di Bangka Belitung pada saat yang bersamaan.

“Jumlah peserta mencapai 2000 lebih, terdiri dari siswa, offisial, guru pendamping bahkan orangtua siswa yang ingin menyaksikan langsung anaknya dalam mengikuti FLS2N,” ujar Syaridin.

FLS2N tahun 2018 memperlombakan bidang seni pertunjukan dan seni penciptaan. Pada bidang seni pertunjukan yaitu vokal solo, gitar solo, baca puisi, tari kreasi dan teater monolog. Sedangkan untuk bidang seni penciptaan yaitu desain poster, kriya, cipta puisi dan film pendek.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.