Tuesday, February 7, 2023
spot_img

Stop Mobilisasi Militer di Papua: MPK

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Aktivis Mahasiswa Peduli Keadilan (MPK) di Aceh meminta pemerintah pusat untuk segera menghentikan mobilisasi militer dalam penyelesaian masalah Papua.

Tuntutan itu disampaikan belasan aktivis MPK dalam aksi unjuk rasa di Bundaran Simpang Lima, Peunayong, Banda Aceh, Rabu (23/11) sore. Dalam aksi tersebut, mereka menilai pemerintah pusat masih menggunakan cara-cara militeristik dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di Papua.

“Kami menuntun pemerintah pusat untuk segera menghentikan mobilisasi militer. Selesaikan masalah Papua dengan pendekatan kemanusiaan yang beradab dan bermantabat,” ujar M Rezha Patria, koordinator aksi.

Menurut dia, mobilisasi militer besar-besaran secara terstruktur dan terselubung jelas telah melanggar konstitusi yang sejatinya melindungi rakyat tapi malah menjadikan rakyat sebagai korban dari perlindungan aset asing di Papua.

“Proses pendekatan senjata bukan solusi yang bisa menyelesaikan masalah, bahkan akan menjadi malapetaka kemanusiaan besar,” tulis dia dalam selebaran pernyataan sikap yang dibagikan untuk wartawan.

Dia menambahkan, sampai saat ini telah banyak terjadi pelanggaran terhadap hak kemanusiaan di Papua. “Mulai dari kasus Freeport, pembubaran paksa Kongres Rakyat Papua yang sama sekali tidak mencerminkan negara hukum dan banyak hal pelanggaran HAM lainnya yang tidak terekspose di media,” tandas dia.

Mereka juga menuntut semua pelaku pelanggaran HAM dan kekerasan di Papua untuk diusut tuntas dan ditindak secara hukum.

Selebihnya, aktivis MPK mengingatkan pemerintah Aceh untuk menjadikan kasus Papua sebagai peringatan dini terkait pendekatan penyelesaian masalah oleh pemerintah pusat. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,725FollowersFollow
23,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU