Thursday, July 18, 2024
spot_img

Siswa Aceh Ini Harumkan Indonesia di Festival Seni Internasional

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Siswa SMA Negeri Modal Bangsa satu ini baru saja membuat harum nama Indonesia di ajang Festival Seni Internasional. Karya posternya terpilih mendapat medali emas di ajang International High Schools Arts Festival 2018 yang diadakan di Tokyo Jepang, 5-10 Agustus 2018 lalu.

Adalah Mujahid Afif A.E. yang telah meraih emas di ajang festival seni internasional untuk siswa sekolah menengah atas (SMA) di Tokyo Jepang itu. Mujahid, yang merupakan pemenang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2017, meraih emas pada kategori poster.

Poster karya desain Mujahid Afif A.E

“Saya sangat bersyukur kepada Allah swt karena saya dapat mewakili Indonesia khususnya Aceh di tingkat internasional,” ujar Mujahid dijumpai di sela-sela pembukaan FLS2N 2018 di Aceh, Senin (27/8/2018). Dia sempat dipanggil ke atas panggung utama oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, pada saat menyampaikan laporan panitia untuk mendampinginya.

Mujahid berharap untuk ke depannya acara-acara seperti FLS2N dan O2SN terus digalakkan. Karena menurutnya sebagai wadah para siswa dan siswi di Indonesia berkumpul dan saling berkenalan serta saling berkompetisi, juga sebagai wadah untuk yang berprestasi di bidangnya masing-masing.

Mujahid mengaku dari sejak masih duduk di bangku kelas 2 SMP sudah punya kebiasaan suka browsing internet. Bakat Mujahid di dunia seni desain grafis pun tumbuh saat itu, ia mulai utak-atik software photoshop secara otodidat lewat nonton video di youtube dan buka website serta sering bereksperimen sendiri.

Mujahid Afif A.E saat mengikuti lomba Desain Poster pada FLS2N 2017 di Kupang, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Koleksi Pribadi)

“Seiring ikut FLS2N saya jadi banyak mengetahui bagaimana cara desain poster yang benar, karena ada workshop juga sebelum lomba pada FLS2N. Kan dulu cuma coba-coba sendiri, dalam workshop inilah kemudian dibimbing langsung oleh para juri dan ahlinya,” urai lelaki yang kini diterima lulus undangan sebagai mahasiswa jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Perjalanannya hingga meraih emas di Tokyo, diceritakan, awalnya ada 6 karya desain poster/lukisan hasil kompetisi FLS2N 2017 yang dikirim oleh panitia ke Jepang. “Alhamdulillah yang terpilih sebagai perwakilan ke Jepang itu karya saya, dan saya dapat mewakili Indonesia untuk tingkat internasional,” sebut pria yang akrab dipanggil Afif.

Mujahid Afif A.E menerima pengalungan medali emas pada lomba Desain Poster FLS2N 2017 di Kupang, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Koleksi Pribadi)

Festival seni di Jepang yang diselenggarakan oleh The International Foundation for Arts and Culture (IFAC) itu diikuti perwakilan siswa dari 18 negara. Sedangkan upacara penganugerahan para juara dilangsungkan di hotel Ritz Carlton Tokyo, pada Rabu, 8 Agustus 2018 lalu.

Prestasi Mujahid mempersembahkan medali emas untuk Indonesia tersebut mendapat apresiasi dari Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Saat menyempaikan kata sambutannya pada pembukaan FLS2N 2018 di Stadion Harapan Bangsa, Nova menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mujahid Afif yang telah mengharumkan nama Aceh dan bahkan nama Indonesia di ajang internasional.[]

Catatan Redaksi: Kami mengganti foto utama pada berita ini pukul 13.20 WIB. Foto kami ubah untuk menyesuaikan dengan konteks lomba terkait setelah mendapat kiriman foto-foto dari salah seorang gurunya

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU