Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Saiful Husin Dikukuhkan sebagai Guru Besar USK

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Saiful Husin, Dosen Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK), hari ini dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Manajemen dan Rekayasa Konstruksi. Ia dikukuhkan bersama empat guru besar lain dalam Sidang Senat Terbuka yang dipimpin Prof Abubakar di Gedung AAC Dayan Dawood, Jumat (12/11/2021).

Pencapaian Saiful Husin untuk menyandang gelar guru besar USK penuh perjuangan dan lika-liku. Namun ia berhasil meraihnya pada umur 66 tahun, saat sudah memasuki masa pensiun.

Di sela-sela kesibukannya mengajar sebagai dosen dan juga sejumlah aktivitas lainnya, Dr. Ir. Saiful Husin, MT tetap meluangkan waktunya untuk melakukan penelitian dan menulis artikel ilmiah.

Putra asal Aceh Utara itu berhasil mewujudkan cita-cita yang dia impikan sejak kecil karena ketekunan dalam menulis artikel ilmiah. Tercatat, ada sejumlah artikel ilmiah yang telah terpublikasi.

“Sejak kecil saya memiliki cita-cita, agar kelak saya bisa meraih gelar profesor di bidang keilmuan yang saya tekuni. Sambil menjalani profesi saya sebagai dosen saya tetap fokus mewujudkan cita-cita itu dengan melakukan penelitian dan karya ilmiah,” kata Saiful.

Ia beryukur atas nikmat yang Allah berikan ini. Saiful berharap, gelar profesor yang diraih tersebut bisa bermanfaat untuk kemaslahatan orang banyak.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur atas nikmat ini, semoga bisa bermanfaat untuk kemaslahatan orang banyak,” ujarnya.

Saiful punya cara tersendiri dalam mencapai gelar profesor. Meski umur tak muda lagi, ia tetap berusaha produktif, setiap hari ia meluangkan waktu aktivitas menulis walaupun hanya sebentar.

“Istikamah, pelan-pelan Alhamdulillah sampai akhir,” tuturnya.

Lahir di Lhokseumawe, 1 Januari 1955 silam dari pasangan M. Husin H Syam (alm) dan Asiah (alm). Saiful begitu orang orang memangilnya, mulai mengenyam pendidikan di SD Negeri 1 Lhokseumawe pada 1961 dan selesai pada 1967. Kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Lhokseumawe dan selesai pada 1970. Lulus dari sana, Saiful melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 1 Lhokseumawe dan selesai pada 1973.

Dua tahun kemudian, Saiful melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dia diterima sebagai mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala Angkatan 1975. Selesai pendidikan S1 pada 16 Agustus 1985 dengan Gelar Insiyur Teknik.

Selanjutnya, dua tahun berselang, Saiful menjadi dosen tetap di Universitas Syiah Kuala pada 22 Juni 1987 dengan SK Rektor Universitas Syiah Kuala.

Ia kemudian melanjutkan magister ke Bandung dengan mengambil jurusan Teknik Manajemen dan Rekayasa Konstruksi di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1990, dan selesai pada 23 Oktober 1993.

Pulang dari sana, Saiful kembali mengabdi sebagai pengajar di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Pada 1994, ia mengikuti pelatihan Research Study in Civil Engineering di Tokyo University.

Di sela-sela kesibukannya sebagai pengajar, Saiful Husin kemudian mengambil gelar doktor di Prodi Teknik Universitas Syiah Kuala Banda Aceh pada 2014 dan selesai pada 2019.

Capaian Prof. Saiful Husin di usia senja itu tentu merupakan buah manis dari perjalanan akademiknya yang panjang. Di usia senja, ia kini memiliki NIDN khusus sebagai dosen di Fakultas Teknik USK. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,058FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU