Sabang Raih Predikat WTP

0
854

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Aceh memberikan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Kota Sabang tahun 2008. Sabang menjadi daerah kelima yang memperoleh predikat opini WTP di Aceh untuk laporan keuangan tahun 2008.

Kepala BPK Perwakilan Aceh Abdul Rifa’i menyebutkan, Pemerintah Kota Sabang berhasil memperbaiki laporan keuangannya sehingga memperoleh opini WTP dari BPK. Tahun sebelumnya, BPK memberikan opini wajar dengan pengecualian (WDP).

“Sabang merupakan entitas kelima di Aceh yang laporan keuangannya mendapatkan opini WTP setelah Aceh Tengah, Lhokseumawe, Banda Aceh, dan Langsa,” kata Rifa’i saat menyerahkan laporan hasil pemeriksaan kepada Walikota Sabang Munawarliza Zainal di Kantor BPK di Jalan AMD Desa Batoh, Jumat (28/8) siang.

Rifai menambahkan, meski pada tahun 2008 Sabang memperoleh predikat WTP, bukan berarti kabupaten kepulauan tersebut bebas dari penyimpangan terhadap ketentuan perundang-undangan maupun dalam kelemahan implementasi sistem pengendalian internal.

BPK meminta Pemko Sabang menindaklanjuti beberapa temuan, seperti dana bergulir yang belum dikelola dengan baik; dan pemberian belanja hibah sebesar Rp 800 juta tidak didukung pertanggungjawaban yang lengkap. “Ini temuan yang harus segera ditindaklanjuti Pemko Sabang,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Sabang Munawarliza Zainal mengaku sangat gembira berhasil meraih predikat WTP terhadap pemeriksaan laporan keuangan tahun 2008. “WTP yang kami peroleh ini akan kami pertahankan, sehingga pemeriksaan laporan keuangan di masa mendatang kembali memperoleh WTP,” kata Munawar.

Pemerintah Kota Sabang, sebut Munawarliza, akan menindaklanjuti dua temuan BPK terhadap pengelolaan keuangan yaitu soal dana hibah dan dana bergulir.

“Dalam dua bulan ke depan, temuan BPK yang ada dalam LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) akan kami tindaklanjuti,” kata dia. []

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.