Puskesmas Ingin Jaya, Aceh Besar Ditutup Sementara karena Covid-19

0
273
Puskesmas Ingin Jaya, Aceh Besar, ditutup sementara. Foto: Ucok Parta/ACEHKITA.COM

ACEH BESAR | ACEHKITA.COM – Puskesmas Ingin Jaya di Kabupaten Aceh Besar, Aceh, terpaksa tutup sementara karena seorang anggota staf meninggal dunia berstatus reaktif rapid test, namun belum sempat menjalani uji swab. Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Anita, mengatakan penutupan Puskesmas Ingin Jaya berlangsung sejak Jumat (7/8/2020) hingga beberapa hari ke depan. Saat ini semua pekerja di sana telah mengisolasi diri sembari menanti hasil pemeriksaan swab.

“Mulai hari ini ditutup total, kemarin masih jalan kegiatan pengambilan swab. Paramedis yang bekerja di sana sudah di swab semua,” kata Anita, saat dikonfirmasi Jumat (7/8/2020).

Anita menjelaskan, penutupan Puskesmas kemungkinan berlangsung selama tiga hari ke depan. Pelayanan kesehatan akan aktif kembali setelah keluar hasil swab semua paramedis.

“Kalau memang hasil swab hari Minggu selesai, Senin buka kembali. Kalau yang negatif masuk kembali dan yang positif diisolasi,” ujarnya.

Anita menyebut anggota staf Puskesmas Ingin Jaya yang meninggal tersebut tidak dapat dipastikan terjangkit COVID-19 karena belum sempat menjalani pemeriksaan swab. Namun hasil rapid test dinyatakan reaktif.

“Tapi kita ini lagi menunggu hasil swab temannya hari ini (keluar) hasilnya. Kalau memang temannya positif, kemungkinan yang meninggal itu positif,” tuturnya.

Sementara itu, sebelumnya dua puskesmas di Kota Banda Aceh juga ditutup karena tenaga kesehatan terpapar virus corona. Kini semua pekerja di dua puskesmas itu telah menjalani pemeriksaan usap dahak.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.