Pengungsi Rohingya yang Meninggal di Aceh Bertambah Jadi 3 Orang

Pengungsi Rohingya yang terdampar di Lhokseumawe, Aceh. Foto: Zikri M/acehkini

LHOKSEUMAWE | ACEHKITA.COM – Seorang lagi pengungsi Rohingya meninggal dunia di tempat penampungan sementara di Kota Lhokseumawe, Aceh. Pengungsi bernama Senuwara Begum (19 tahun) itu mengembuskan napas terakhir akibat demam tinggi dan sesak napas.

“Iya benar, meninggalnya jam 2 malam tadi,” kata Kabag Humas Pemko Lhokseumawe, Marzuki, kepada acehkini media sindikasi acehkita.com, Jumat (11/9).

Menurut Marzuki, Senuwara dibawa ke Rumah Sakit Cut Meutia Lhokseumawe, pada Kamis (10/9) sekitar pukul 19.00 WIB, karena mengeluh gangguan pernapasan dan demam tinggi.

Setiba di rumah sakit, imbuhnya, Senuwara juga menjalani pemeriksaan swab untuk mengetahui apakah terpapar COVID-19. “Informasi tesnya baru keluar Senin, sudah swab,” ujarnya.

Sama seperti dua pengungsi Rohingya yang meninggal sebelumnya, jenazah Senuwara juga dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Dengan meninggal Senuwara, hingga kini sudah ada 3 pengungsi Rohingya yang meninggal akibat sesak napas di Aceh. Dua imigran yang meninggal sebelumnya masing-masing Hilal (22) pada Kamis pagi sekitar pukul 07.15 WIB, dan Nurkolima (21) pada Selasa (8/9) sekitar pukul 19.00 WIB, di lokasi pengungsian.

Sementara itu, saat ini masih terdapat tiga pengungsi Rohingya yang dirawat di RS Cut Meutia Lhokseumawe karena sakit perut kembung dan gangguan pernapasan.

Seperti diketahui, 297 pengungsi Rohingya terombang-ambing hingga diselamatkan nelayan ke Pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, pada Senin (7/9) dinihari. Dari jumlah itu, 181 orang di antaranya adalah perempuan, 14 anak-anak, dan sisanya laki-laki dewasa.

Terdamparnya pengungsi Rohingya kali ini adalah yang kedua sepanjang 2020. Sebelumnya, pada 24 Juni 2020, sebanyak 99 pencari suaka diselamatkan nelayan Aceh Utara, setelah terombang ambing di lautan. Saat ini mereka berada di penampungan sementara, gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di Desa Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.[]

Lagi, Pengungsi Rohingya Meninggal di Aceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.