Saturday, September 25, 2021
spot_img

Penghulu KUA Langsa Sampaikan 4 Pilar Pernikahan yang Harus Dijaga

LANGSA | ACEHKITA.COM – Penghulu KUA Kecamatan Langsa Kota, Haswin Dua Putra menyampaikan bahwa persiapan bekal ilmu untuk menikah sangat penting, di samping persiapan materi, fisik dan juga mental.

Hal itu disampaikan Haswin saat menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah di gedung KNPI Kota Langsa, Rabu (4/8/2021).

“Persiapkan bekal sebaik mungkin sebelum menikah, khususnya ilmu yang menjadi pedoman dalam membangun sebuah rumah tangga, karena menikah adalah ibadah paling lama, untuk itu setiap pasangan perlu merawatnya,” ujar Haswin.

Ia mengatakan bahwa semua pasangan yang telah menikah dan juga yang akan menikah mendambakan keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah, karena di situ juga menjadi sumber pahala.

“Semua kita mendambakan kebahagiaan, maka berjuanglah meraihnya melalui pernikahan, menjadikan rumah seperti surga, karena dengan menikah pula jalan kita untuk meraih surga hakiki,” lanjut Mantan Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Aceh itu.

Dalam mewujudkan hal tersebut, ia menyampaikan ada empat pilar perkawinan yang harus dijaga oleh setiap pasangan. Pertama, hubungan perkawinan adalah berpasangan (zawaj).

Kedua, perkawinan adalah janji yang kokok (mitsaaqan ghaliza), ketiga perkawinan dibangun hubungan dan sikap yang baik (mu’asyarah bil ma’ruf) dan keempat perkawinan dikelola dengan prinsip musyawarah.

Haswin menyampaikan, konflik dalam rumah tangga sering terjadi karena terlalu maju kedua belah pihak.

“Dalam pernikahan pasti ada permasalahan, dan konflik itu tidak mungkin terjadi kalau hanya satu pihak saja. Maka dalam penyelesaian permasalahan rumah tangga jangan malu untuk mengalah. Mari meminimalisir konflik, gunakan kaedah Fiqih Ad dhararu yuzal (setiap kemudharatan dihilangkan) dalam menyelesaikan konflik rumah tangga,” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa jalan menuju kepada kebahagiaan terbuka lebar melalui rumah tangga. Dan tujuan akhir perkawinan adalah berkumpulnya dalam surga Allah bersama keluarga kelak.

“Mari rawat pernikahan, dan paling penting yang harus disiapkan adalah ilmu dan niat,” ungkap Haswin.

Bimbingan Perkawinan Pra Nikah ini dilaksanakan selama dua hari, 3-4 Agustus 2021 dan diikuti puluhan peserta terdiri dari pasangan nikah yang sudah mendaftarkan jadwal pernikahannya di KUA seluruh Kota Langsa. [MN]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,740FollowersFollow
22,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU