Pendaftaran Santri Baru Dayah Insan Qurani Ditutup Besok

Pendaftaran Santri Baru Dayah Insan Qurani Ditutup Besok
Sekretaris Dayah Insan Qurani, Ustadz Alfirdaus Putra. (Foto: Dok. Humas DIQ)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pendaftaran santri baru (PSB) Dayah Insan Qurani-YPUQ Aneuk Batee, Aceh Besar yang telah berlangsung sejak 4 Januari lalu akan ditutup secara resmi pada 10 Januari 2021. Bagi para pendaftar dapat mengakses langsung situs resmi Dayah IQ melalui insanqurani.net/psb.

Sekretaris Dayah Insan Qurani, Ustadz Alfirdaus Putra, mengatakan, pendaftaran santri baru hanya berlangsung dalam 1 gelombang. “Tidak ada gelombang kedua,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/1).

Oleh karena itu, bagi wali santri yang belum melakukan pendaftaran, dapat langsung mengakses website IQ insanqurani.net/psb sebelum pukul 23.59 WIB pada hari terakhir pendaftaran.

Untuk melakukan pendaftaran, calon santri diminta untuk mempersiapkan Nomor Induk Siswa Nasional, Nomor Sekolah Pokok Nasional, Kartu Keluarga calon santri, file pas foto 3×4 berlatar biru maksimal berukuran 400 kb, dan scan sertifikat prestasi minimal juara 1,2 dan 3 tingkat kabupaten.

Sedangkan untuk tingkat provinsi, nasional dan internasional sertifikat yang diterima adalah sertifikat juara 1, 2, 3, harapan 1, harapan 2, dan harapan 3.

“Nomor NISN dan NPSN dapat ditanyakan pada sekolah asal calon santri,” kata Alfirdaus.

Ia menjelaskan, untuk pemeriksaan kesehatan, calon santri diharuskan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit. Formulir pemeriksaan kesehatan disiapkan untuk ditunjukkan kepada dokter yang memeriksa.

“Form tes kesehatan dapat didownload di web pendaftaran setelah mengisi biodata. Nanti formnya dibawa ke rumah sakit dan ditunjukkan ke dokter yang memeriksa untuk diisi. Nanti dikumpulkan pada hari tes tulis,” ujarnya.

Alfirdaus menjelaskan, untuk tahun ini tes wawancara ditiadakan dan diganti dengan pengisisan kuisioner.

“Untuk jadwal ujian masing-masing santri akan tertera langsung pada kartu ujian yang dapat diprint setelah proses pendaftaran semuanya selesai,” katanya.

Khusus pendaftar tingkat Madrasah Aliyah, Dayah Insan Qurani tahun ini hanya membuka pendaftaran untuk jurusan MAK (Madrasah Aliyah Keagamaan).

Sementara itu, Ketua PSB Dayah Insan Qurani 2021, Zaenudin menambahkan, proses pendaftaran dilakukan dalam tiga tahapan.

Pertama, calon santri melakukan pendaftaran di menu pendaftaran dan akan mendapatkan SMS untuk melakukan pembayaran ke rekening Bank BNI Syariah.

Kedua, bukti pembayaran difoto atau discreenshot dan diupload melalui menu Konfirmasi di web pendaftaran. Ketiga, dilanjutkan dengan mengisi biodata secara lengkap hingga dapat melakukan print kartu ujian.

“Nanti sistem akan membantu mengarahkan melalui SMS dan petunjuk di web. Jika calon santri kebingungan juga dapat menanyakan langsung melalui nomor kontak panitia PSB Dayah Insan Qurani 2021, Ustaz Misran Zulhadi di nomor 082360725215, dan Ustazah Risa Khairiah 085277956588,” sebut Zaenudin.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.