Tuesday, October 26, 2021
spot_img

Palembang Tuan Rumah Kongres dan Fesmed AJI 2020

Pengurus Nasional Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia akhirnya memilih Kota Palembang sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kongres AJI dan Festival Media (Fesmed) Tahun 2020. Keputusan ini diambil dalam rapat pengurus yang berlangsung pada Rabu malam (4/12) di Jakarta.

Keputusan terpilihnya Palembang sebagai tuan rumah Kongres dan Fesmed AJI 2020 disosialisasikan langsung oleh Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan. “Setelah ini AJI Palembang dan AJI Indonesia akan berkoordinasi lebih intensif soal persiapannya,” kata Manan, Kamis (5/12).

Ia menyebut Kota Palembang dan Medan adalah dua kandidat tuan rumah Kongres dan Fesmed AJI 2020 yang mengajukan diri sejak Rakernas AJI 2018 lalu. Sebelumnya saat acara Fesmed 2019 di Jambi bulan lalu, AJI Palembang dan Medan sama-sama memberikan presentasi tentang kesiapannya menjadi tuan rumah.

Manan menjelaskan, Kongres AJI adalah mekanisme pengambilan kebijakan tertinggi bagi organisasi digelar selama 3 tahun sekali. Selain Kongres setiap tahun AJI juga menggelar Festival Media, ajang pertemuan antara media dan masyarakat.

Lebih lanjut, Manan menambahkan, dipastikan hampir 300 jurnalis utusan AJI Kota seluruh Indonesia akan hadir di Kongres dan Fesmed 2020 Palembang nanti.

Sementara itu, Ketua AJI Palembang, Prawira Maulana, mengatakan sangat bangga dengan dipilihnya Kota Palembang sebagai tuan rumah. “Pagi tadi saya dapat kabar dari Ketua Umum. Bukan main senangnya. Bangga bisa dipercaya oleh pengurus nasional sebagai tuan rumah. AJI Palembang juga berjanji akan menyiapkan semuanya agar Kongres berjalan sistematis dan lancar,” ujarnya.

Maulana menyampaikan rencananya Kongres dan Fesmed AJI 2020 di Palembang akan digelar pada bulan November 2020. Tema yang diangkat dalam helatan itu adalah kampanye antikorupsi.

“Kami akan menyelenggarakan banyak rangkaian acara selama Fesmed nanti. Mulai dari pameran, workshop dan seminar jurnalistik. Tema acara juga berkaitan tentang kampanye anti korupsi. AJI dalam semua kegiatannya selalu mengusung issue yang berhubungan dengan kepentingan publik, tak melulu perkara sendiri,” sebutnya.[RIL]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,860FollowersFollow
22,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU