Museum Aceh Maksimalkan Pengelolaan Koleksi Lewat Media Foto

0
287
Museum Aceh Maksimalkan Pengelolaan Koleksi Lewat Media Foto
Sosialisasi pemanfaatan koleksi museum lewat media foto. (Dok. Museum Aceh)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai museum, UPTD Museum Aceh menggelar Sosialisasi Museum bertema “Pemanfaatan Koleksi Melalui Media Foto” yang berlangsung di ruang aula setempat, Rabu (29/7).

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung sehari ini hanya dikhususkan tenaga kehumasan yang ada di lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, termasuk UPTD Museum Aceh dan UPTD Museum Tsunami.

“Kegiatan ini menjadi penting, mengingat peranan Museum Aceh sebagai wadah, wahana pelestarian warisan daerah, warisan nasional yang perlu bagi ilmu pengetahuan bagi generasi mendatang, bagi masyarakat, bagi rekaman sejarah budaya, peradaban, seni, arsitektur dan lain sebagainya,” ujar Mudha dalam keterangan tertulis.

Berbagai disiplin ilmu, kata Mudha, dapat diperoleh dalam keragaman dan berbagai jenis koleksi yang terdapat di Museum Aceh. Oleh karena itu penanganan koleksi di museum harus dilakukan secara profesional, berkesinambungan dan penuh ketelitian dengan menggunakan fasilitas dan peralatan maupun media yang sesuai dengan perkembangan saat ini.

“Salah satu media yang mempunyai multifungsi dan manfaat di era digital ini adalah media foto. Dengan media foto beragam manfaat dapat dilakukan, seperti penelitian, edukatif, pendataan dan publikasi,” jelasnya.

Mudha juga berharap agar para peserta yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, sebagai suatu sarana pembelajaran penting dan bermanfaat untuk memaksimalkan pengelolaan koleksi museum ke depan.[ril]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.