Thursday, April 2, 2020

MK Diminta Hadirkan Ayah Banta ke Persidangan

Must Read

Suhu Beku Landa Eropa

LONDON -- Foto-foto pemandangan menakjubkan berikut ini bukan dari jantung Antartika tetapi dari daratan Eropa ketika suhu di sana...

Gubernur Belum Teken Qanun Jinayah

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM -- Qanun Hukum Jinayat dan Qanun Acara Jinayat yang disahkan parlemen Aceh periode 2004-2009 pada...

PPI Tiongkok Luncurkan Website

NANCHANG | ACEHKITA.COM -- Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Nanchang, China, Rabu (14/1) meluncurkan (launching) situs resmi dengan...

Ancam Anggota Dewan, Tiga Warga Kembang Tanjong Diciduk

SIGLI | ACEHKITA.COM -- Tiga warga Desa Pasie Lhok, Kecamatan Kembang Tanjong, Pidie, ditangkap polisi karena mengancam anggota DPRK...
Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Tim Kuasa Hukum Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan (calon gubernur Aceh) meminta majelis hakim Mahkamah Konstitusi untuk menghadirkan Ayah Banta alias Vikram ke persidangan.

“Bila memang dimungkinan, Saudara Ayah Banta atau Vikram ini kita dengar keterangannya di MK,” kata Andi Muhammad Asrun, seorang kuasa hukum Irwandi Yusuf, di persidangan perdana sengketa pilkada Aceh di Mahkamah Konstitusi, Kamis (26/4).

Asrun menilai, Ayah Banta perlu dimintai keterangan di persidangan sengketa hasil pilkada ini. “Itu sangat bagus sekali untuk membuka perspektif. Bagaimana sebetulnya persoalan teror di Aceh itu,” kata Asrun.

Ayah Banta ditangkap Detasemen Khusus 88/Antiteror pada 14 April lalu di Aceh Utara. Ia ditangkap bersama Joni. Koran berbahasa Inggris The Jakarta Globe menulis, kepada penyidik Ayah Banta mengakui terlibat dalam delapan kekerasan bersenjata di Aceh menjelang pilkada. Kini, Ayah Banta ditahan di Markas Besar Polri di Jakarta.

Terkait dengan permintaan kuasa hukum Irwandi ini, Ketua Majelis Hakim Mahfud Md mengatakan, akan melihat perkembangan terlebih dahulu. “Karena kalau kesimpulan hakim itu sudah bisa diambil tanpa harus kehadiran seseorang, ya pika persingkat saja. Tapi kita akan pertimbangkan, sebab seumpama ada kesimpula juga bahwa itu terjadi, apa itu terkait dengan pemilu apa tidak,” kata Mahfud Md.

Selain mengusulkan pemanggilan Ayah Banta sebagai saksi, kubu Irwandi juga menyampaikan 27 pelanggaran dan kekerasan yang menimpa tim pemenangan mereka.

“Praktik intimidasi dan teror ini membayangi proses pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah di tingkat provinsi, kabupaten dan kota di Aceh,” kata Sayuti Abubakar, kuasa hukum Irwandi lainnya. “Intimidasi dan teror oleh orang-orang yang menamai dirinya tim sukses ataupun simpatisan dan kader Partai Aceh telah memberi warna buruk terhadap penyelenggaraan pesta demokrasi di Aceh.”

Sementara Muhammad Mahendradatta, kuasa Hukum Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf selaku pihak terkait, meminta waktu untuk menjawab segala tuduhan kubu Irwandi.

“Kami meminta waktu untuk menjawab surat dakwaan ini, karena ini bukan surat permohonan, tapi surat dakwaan,” kata Mahendradatta.

Karena ini sifatnya dakwaan, Mahendradatta memohon kepada majelis hakim untuk mendengarkan keterangan dari pihak kepolisian. “Karena ini bentuknya sudah surat dakwaan kan, masalah kriminal, dan sebagainya. Ya karena menurut hemat saya, ini masih ditangani oleh polisi, belum sampai ada yang masuk pengadilan,” ujarnya.

Persidangan perdana sengketa hasil pilkada Aceh digelar pada pukul 10.00 WIB. Persidangan dipimpin Ketua Majelis Hakim Mohd. Mahfud Md, dengan hakim anggota Harjono dan Anwar Usman.

Irwandi menggugat hasil pilkada yang dinilai tidak demokratis. Mereka meminta Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan hasil pilkada yang ditetapkan KIP dan meminta agar pilkada diulang di seluruh Aceh.

Pada persidangan perdana ini, Irwandi-Muhyan diwakili oleh tiga kuasa hukumnya, Andi Muhammad Asrun, Sayuti Abubakar, dan Wahyu Widi Purnomo. Sedangkan KIP Aceh selaku termohon, diwakili oleh Zainal Abidin, Akmal Abzal, Yarwin Adi Dharma, Abdullah Muhammad Jam, dan Oki.

Selain menggugat KIP Aceh, kubu Irwandi juga menjadikan pasangan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf sebagai pihak terkait. Mereka diwakili oleh tujuh kuasa hukum yang dipimpin Muhammad Mahendradatta. Lalu ada Fajar Herumurty, Guntur Fattahullah, Erwin Firmansyah, Kamaruddin, Ridho, dan Muhammad Reza Pahlevi.

Persidangan lanjutan akan dilaksanakan pada Jumat (27/4) pukul 14.00 WIB dengan agenda mendengarkan keterangan saksi. Kubu Irwandi mengajukan sejumlah saksi. Beberapa saksi malah akan memberikan keterangan secara jarak jauh melalui fasilitas video conference. []

10 COMMENTS

  1. bumi aceh di pemulia..banyak lahir para ulama..kalau yg pimpin aceh org yg zalim pasti tdk akan lama..huru-hara di aceh bisa jd betul bisa jadi rekayasa..hati2 dgn tahta,harta dan wanita..mari sama2 kita bersihkan aceh dari perbuatan maksiat…seperti korupsi,pelacur,narkoba,salon2 bencong,biar aceh tdk gempa lagi..

  2. padahal kami sebagai rakyat sangat menghargai dan memberi coblosan pada masing -masing pasangan. tapi hargailah pilihan rakyat aceh apapun keputusannya menyoe saling serang menyerang… saling kepung mengepung saling fitnah memfitnah.. mungkin aceh ini tidak pernah aman (alias kapungoe keudonya)

  3. irwandi orang keras kepala…. tidak pernah menghargai pilihan rakyat aceh. jika pemilu ulang lagi rakyat aceh akan menuntut irwandi dngn hukum rimba camkan irwandi. kami sebagai rakyat sudah capek dan lelah… musuh bansa aceh hari ini dan akan datang adalh IRWANDI dan KUBU IRWANDI.

  4. Dirman mengapa saudara sangat emosional gini ya,apa tdk pernah sekolah n tau agama ya..hidup bawa tenang n jauh lah dari amarah setan yg terkutuk.ambil air whuduk n bershalat lah supaya pikiran kotor anda tidak bertambah kotor lg,dan bertobat lah anda,berkepala dingin lah amda oke..Amin..

  5. Hai, jangan gara gara si Wandi kau hancurkan aceh. Apa ngak cukup 5 tahun yg lalu dia duduk. Kau kasih perempuan biar di pajoeh pukoe sama si wandi. Kami masyarakat semuanya sama. Kau dudk lima tahun yg lalu kau suruh tembak semua yg ngak cocok sama kau. kau lah yg biang pengacau aceh hai wandi. kami masyarakat cukup menderita sudah. jangan kau kacaukan aceh demi perut istri mu dan kroco kroco mu. wisss…aceh damai dan indah

  6. Kita harap kerja baik Densus 88, akan terus menangkap yang berkaitan dengan Ayah Banta
    Baik keatas dan kebawahnya, biar semua jelas.
    Kalaulah President SBY Yth, punya itiqat bail utk Aceh……….. Thanks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TERBARU

Update Corona di Aceh: ODP Bertambah Jadi 893, PDP 45, dan Hasil Swab EY Negatif

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona atau COVID-19 di Aceh kembali bertambah. Kali ini...

Surat Wali Nanggroe Kepada Para Tenaga Medis

Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk Malik Mahmud Al Haytar menyampaikan rasa terima kasih kepada para tenaga medis yang saat ini menjadi garda...

Ruang Outbreak Pinere RSUDZA Dijadikan Tempat Isolasi Pasien COVID-19

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - RSUDZA Banda Aceh telah memiliki 12 ruang Outbreak Pinere (Penyakit Infeksi New-Emerging dan Re-Emerging) pada Selasa (31/3/2020). Ke-12 ruang...

Update Corona di Aceh: 5 Positif, 2 Meninggal, 44 PDP, 797 ODP

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona di Aceh bertambah 177 orang menjadi 797 orang per Selasa (31/3/2020) pukul 15.00...

Cegah Corona, Masjid Raya Baiturrahman Disemprot Disinfektan Sebelum Salat Jumat

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Enam belas personel gabungan dari unit KBR (kimia, biologi, radio aktif) Detasemen Gegana Satuan Brimob Kepolisian Daerah Aceh dan...

More Articles Like This