Friday, December 2, 2022
spot_img

Mantan Anggota DPRK Pidie Dicambuk

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Mantan anggota DPRK Pidie yang terbukti melakukan pelanggaran syariat Islam bersama seorang perempuan dihadirkan ke panggung cambuk. Keduanya divonis delapan kali cambuk.

Pasangan mesum itu dicambuk di pelataran Masjid Al Abrar, Desa Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, usai salat Jumat (9/9/2016). Mereka dicambuk setelah sebelumnya kedapatan berdua-duaan di sebuah rumah kontrakan di Desa Lamdingin.

Majelis Hakim Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh menyatakan TYS dan teman perempuannya, MA, melanggar syariat Islam dan akan dicambuk delapan kali. Namun, saat eksekusi, TYS dan MA hanya dicambuk enam kali karena potong masa tahanan selama dua bulan.

Pekarangan Masjid Al Abrar dipenuhi warga dan jemaah yang ingin menyaksikan dari dekat eksekusi hukuman cambuk yang menimpa bekas anggota DPRK Pidie bersama teman wanitanya. Pelbagai nada hujatan dan celaan dialamatkan kepada kedua pelaku mesum ini.

Eksekusi cambuk juga disaksikan langsung oleh Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal.

Pemerintah Kota Banda Aceh makin gencar melaksanakan eksekusi hukuman cambuk terhadap pelanggar syariat, yang oleh Illiza disebut sebagai “komitmen dalam menegakkan hukum Allah”.

Nada miring sering dialamatkan bagi pelaksanaan cambuk, yang dinilai hanya menyasar kaum menengah ke bawah. Hal ini cukup beralasan karena Pemerintah Kota Banda Aceh tidak melanjutkan proses hukuman cambuk terhadap seorang pejabat yang kedapatan bersama seorang perempuan di sebuah salon. Pemko Banda Aceh beralasan bahwa pejabat itu tidak dicambuk dan hanya dikenakan hukuman sosial. Sebab, pada masa itu Banda Aceh belum mengimplementasikan hukuman cambuk dan hanya membina mereka yang melanggar. []

SABARUN

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,636FollowersFollow
23,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU