Monday, September 26, 2022
spot_img

Mahasiswa Terpapar COVID-19, Universitas Syiah Kuala Kembali Terapkan Kuliah Daring

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) kembali menerapkan kuliah daring setelah menggelar tatap muka sejak 17 Januari 2022 lalu. Kegiatan perkuliahan secara daring kali ini diterapkan hingga 20 Februari mendatang.

“Keputusan ini merupakan respon USK terkait perkembangan kasus COVID-19 di lingkungan kampus, ujar Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof Samsul Rizal, dalam keterangan tertulis, Selasa (8/2/2022).

Samsul menjelaskan, Tim Satgas COVID-19 USK telah menerima laporan dari beberapa fakultas tentang adanya mahasiswa yang terpapar positif COVID-19 dengan kasus bergejala dan tidak bergejala. Karena itulah, USK langsung melakukan tracing kasus positif tersebut.

“Dari hasil tracing tersebut, ternyata 59 persen positif COVID-19 dari 102 mahasiswa yang dites swab PCR. Saat ini semua mahasiswa yang positif tersebut, sudah dikarantina di Asrama Mahasiswa dengan blok terpisah. Tim Kesehatan USK juga terus memantau kondisi kesehatan mereka,” sebutnya.

Rektor USK, Prof. Samsul Rizal

Menyikapi perkembangan tersebut, kata Samsul, maka USK telah menetapkan beberapa kebijakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 khususnya di lingkungan kampus. Kebijakan tersebut di antaranya adalah kegiatan perkuliahan dan seminar/sejenisnya dialihkan sepenuhnya secara daring.

“Ini adalah upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Saya memahami ini tidaklah mudah, tapi keputusan ini adalah untuk kesehatan dan keselamatan kita bersama,” ujarnya.

Adapun kebijakan lainnya terkait kegiatan praktikum/skill lab/penelitian lab/sejenisnya, dapat dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat dan kapasitas 50 persen.

Ia menyampaikan, USK juga membatasi kehadiran tenaga kependidikan maksimal 75 persen. Semua kegiatan kemahasiswaan di luar kampus juga tidak dibenarkan. Sedangkan kegiatan di dalam kampus, masih dapat dilaksanakan jika dilakukan secara daring.

“Keputusan ini berlaku sampai tanggal 20 Februari 2022, dan dievaluasi sesuai dengan perkembangan kasus COVID-19,” kata Samsul.

Ia menambahkan, seluruh civitas akademika Universitas Syiah Kuala disarankan untuk mendapatkan vaksinasi ketiga (booster) di layanan vaksinasi pemerintah atau di Rumah Sakit Pendidikan USK. Sementara bagi yang bergejala, dapat berkonsultasi ke pusat layanan kesehatan terdekat atau ke RSP USK melalui Hotline COVID-19 RSP USK +62 811-6819-975.

“Dan paling penting, kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan. Terus berusaha dan berdoa kepada Allah, semoga wabah ini segera berakhir,” ujarnya. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,603FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU