Korsel Akan Bangun Sejumlah Pabrik

0
962

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pemerintah Aceh bekerjasama dengan pemerintah Jeju, Korea Selatan, akan membangun sejumlah pabrik di Aceh. Korea Selatan menyediakan dana sebesar lima juta dolar AS.

Pemerintah Aceh berjanji menyediakan lahan seluas 2.000 hektare. Lahan tersebut digunakan untuk perkebunan karet.

“Ada beberapa perjanjian kerjasama yang kita tandatangani dengan pemerintah Provinsi Jeju. Akhir bulan ini, mereka juga akan datang ke Aceh untuk melihat potensi yang kita tawarkan,” kata Muhammad Nazar, Wakil Gubernur Aceh, Selasa (5/5).

Menurut Nazar, pabrik yang akan dibangun tahun ini pabrik karet, industri bio teknologi tinggi yang memproduksi kosmetika, pabrik makanan serta pabrik obat-obatan dari bahan alam. Pemeritah Jeju juga akan membagun rumah sakit di Lhokseumawe.

Nazar mengatakan, kesepakatan itu tercapai dalam kunjungan 23 orang delegasi Pemerintah Aceh, sejak 27 April hingga 3 Mei 2009 lalu. Mereka mengunjungi sekitar 25 lembaga antara lain perguruan tinggi, departemen terkait, parlemen, walikota serta perusahaan daerah dan nasional di Jeju maupun Seoul, Korea Selatan.

Selain kerjasama dibidang industri, Pemerintah Aceh dengan pemerintah Jeju, juga bekerjasama dalam bidang pendidikan dan pariwisata. Aceh akan mencontoh keberhasilan pariwisata di Jeju, terutama dibidang pelayanan.

“Kita juga bekerjasama dengan Jeju untuk membuat penelitian tentang pola pariwisata yang cocok diterapkan di Aceh. Kerjasama ini juga berlaku selama dua tahun,” tambah Wagub.

Kata Nazar, sebagai tindak lanjutnya, sekitar 20 perusahaan daerah maupun nasional termasuk lembaga pendidikan di Korea Selatan, akan berkunjung ke Aceh pada akhir bulan ini. Menurutnya, hal tersebut menandakan keseriusan mereka membangun perekonomian Aceh.

“Hanya tinggal kesiapan pemerintah terutama sektor swasta menanggapinya. Kita harapkan dalam waktu dua tahun ke depan, perjanjian kerjasama tersebut dapat segera diwujudkan,” Tambahnya.[]

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.