KontraS: Komposisi Anggota KKR Aceh Keren

0
2811

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Aceh menilai komposisi anggota Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) sudah sesuai dengan ekspektasi publik.

“Komposisi anggotanya sudah mantap,” kata Koordinator KontraS Aceh Hendra Saputra kepada acehkita.com, Rabu malam.

KontraS Aceh merupakan salah satu lembaga sipil yang berperan aktif dalam mengampanyekan pembentukan KKR Aceh. Meski Parlemen sudah mengumumkan 14 anggota yang lulus uji kelayakan, jalan menuju pembentukan lembaga KKR masih panjang. Setidaknya, dalam waktu dekat ini Komisi I akan membawa 14 nama ini ke rapat paripurna. Rapat nantinya akan menetapkan dan mengesahkan 7 anggota KKR Aceh. Sedangkan 7 lainnya dinyatakan cadangan.

Hendra menyebutkan, tujuh anggota yang terpilih harus memastikan bahwa KKR itu menjadi lembaga kuat, mandiri, dan independen. Para komisioner juga diminta untuk memperkuat proses pemilihan kelompok kerja. “Ini harus diawasi betul, sangat krusial,” ujarnya.

Anggota KKR terpilih juga diminta untuk menyusun rencana strategis dan arah KKR dalam bekerja untuk pemenuhan hak-hak korban konflik. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.