Thursday, January 20, 2022
spot_img

KIA Gelar Anugerah Keterbukaan Informasi, 11 Badan Publik Kategori Informatif

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 11 badan publik di Aceh masuk kategori informatif atau kategori tertinggi dalam keterbukaan informasi publik. Hal itu sesuai dengan hasil penilaian dari Komisi Informasi Aceh (KIA) dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, yang digelar secara online dari Aula Dinas Komunikasi dan Informasi Aceh, Banda Aceh, Jumat (3/12).

Penghargaan diberikan kepada badan publik tersebut yang patuh dalam menjalankan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Ketua KIA, Arman Fauzi mengatakan acara tersebut merupakan puncak dari serangkaian tahapan dan proses evaluasi Badan Publik (BP) 2021 di Aceh. Pada tahun ini KIA ikut mengevaluasi sebanyak 134 Badan Publik baik tingkat SKPA, Badan Publik Vertikal, Partai Politik dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh yang dilakukan sejak bulan Juni 2021.

β€œIni merupakan agenda tahunan Komisi Informasi Aceh untuk mengetahui lebih jauh kepatuhan Badan Publik dalam melaksanakan UU KIP,” katanya. Dari hasil akhir penilaian, sebanyak 11 badan publik masuk katagori Informatif, sebanyak BP menuju informatif, 25 cukup informatif, 11 kurang informatif, 36 tidak informatif dan selebihnya tidak mengembalikan SAQ.

11 Badan Publik kategori Informatif adalah; Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Aceh, Dinas Perhubungan Aceh, Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Inspektorat Aceh, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh untuk SKPA dan Kanwil Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Aceh, Panwaslih Aceh.

Koordinator Evaluasi Badan Publik KIA, Nurlaily Idrus, menyebutkan kegiatan evaluasi yang dilakukan terhadap BP menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sistem menggunakan angket/kuisioner tiga variabel yang dievaluasi yaitu, kewajiban Badan Publik dalam mengumumkan Informasi, menyediakan informasi setiap saat, dan melayani. []

Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,153FollowersFollow
22,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU