Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Kekayaan Budaya Alas Dipentaskan di Banda Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Keragaman dan kekayaan budaya masyarakat suku Alas, Aceh Tenggara, akan digelar di Banda Aceh, pada 27 Mei mendatang.

Suku Alas merupakan salah satu suku yang bermukim di Aceh Tenggara. Tanah Alas dikenal sebagai lumbung padi untuk daerah Aceh. Selain dikenal sebagai daerah yang kaya hasil alam, Tanah Alas juga kaya dengan adat dan budaya.

Kekayaan budaya itulah yang hendak diperlihatkan masyarakat dan mahasiswa Alas yang bermukim di Banda Aceh. Pada 27 Mei nanti, mereka akan menggelar “culture of Alas” di Taman Budaya Aceh.

Ketua Panitia Oki Murzan Hani menyatakan, event ini untuk memperkenalkan budaya Tanah Alas kepada masyarakat luas.

Lewat tema “Introducing The Art and Culture of Alas” tambah Oki, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi jembatan untuk muda-mudi di Aceh dalam mengembangkan seni budaya, khususnya bagi generasi muda Aceh Tenggara.

“Kami berharap, even Culture of Alas ini bisa menjadi media ekspresi seni dalam mengembangkan budaya serta menjadi jembatan bagi masyarakat khususnya pemuda pemudi untuk menjaga tradisi kesenian dan kebudayaan Aceh Tenggara,” harapnya.

Menurut Koordinator Lapangan, Putri Sri Mala MP, bentuk kegiatan dari Culture of Alas yang sudah dipersiapkan panitia mulai dari seni tari, pemutaran film dokumenter, dan puncaknya yakni tarian kolosal.

“Ada tarian Belomesusun, tarian Brudihe, tarian Meusekat, Saman Aceh Tenggara, tarian Tangis Dilo. Selain itu pemutaran film dokumenter juga akan kita tayangkan yang bertema potensi wisata dan aneka ragam kehidupan etnis masyarakat Alas beserta adat istiadat di Tanoh Alas,” sebutnya.

Sementara penutupan puncak dari acara tersebut, sebut Putri akan menampilkan tarian kolosal yang mengangkat tema kebudayaan dan kehidupan masyarakat Alas.

“Ini adalah salah satu bentuk kecintaan putra-putri Tanoh Alas dengan adat istiadat mereka yang sempat tenggelam di era modren ini, kita ingin menunjukkan bahwa generasi muda Tanoh Alas masih peduli dengan adat budaya mereka,” imbuhnya. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,616FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU