Kasus Corona di Aceh Tembus 4.244 Orang: 155 Meninggal, 2.241 Sembuh

0
142
Pemko Banda Aceh Gandeng Unsyiah Gelar Tes Swab Massal untuk 1.300 Warga
Petugas medis di Aceh melakukan swab test. (Foto: Ucok Parta/acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kasus positif (terkonfirmasi) virus corona di Aceh masih terus bertambah. Per Minggu (27/9), kasus baru bertambah 73 orang. Sehingga total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Aceh menjadi 4.244 orang.

Sementara jumlah pasien COVID-19 di Aceh yang sembuh bertambah 74, total menjadi 2.241 orang. Sedangkan untuk kasus meninggal dunia hari ini bertambah 5 orang, sehingga total menjadi 155 jiwa.

“Sebanyak 102 orang penderita COVID-19 dilaporkan sembuh tapi minus 28 orang masih dalam proses verifikasi administratif. Sementara itu, konfirmasi baru yang positif terinfeksi virus corona sebanyak 73 orang, termasuk 11 orang dari luar daerah,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), dalam keterangan tertulis, Minggu malam.

SAG merinci pasien COVID-19 yang dilaporkan sembuh dalam 24 jam terakhir meliputi Pidie Jaya 23 orang, Aceh Selatan 21 orang, Nagan Raya 15 orang, Aceh Tamiang 13 orang, warga Aceh Selatan dan Bireuen sama-sama 7 orang.

Berikutnya warga Aceh Singkil sebanyak 3 orang dan Aceh Barat Daya sebanyak 2 orang. “Sedangkan warga Kota Banda Aceh 28 orang dilaporkan sembuh, namun masih verifikasi administratif. Sisanya, sebanyak 11 orang merupakan warga dari luar daerah,” sebutnya.

Ia mengatakan, pasien COVID-19 yang dilaporkan sembuh diverifikasi secara administratif sesuai kriteria asimtomatik maupun simtomatik kasusnya. Tim surveilans melakukan verifikasi administratif secara berjenjang, mulai Satgas kabupaten/kota hingga surveilans Satgas COVID-19 Pusat.

“Pencatatan kasus suspek, probable, konfirmasi, maupun laporan kesembuhan harus diverifikasi agar analisis epidemiologis berdasarkan data-data kasus tersebut menjadi valid,” jelasnya.

Pada sisi yang lain, lanjut SAG, jumlah penderita baru yang konfirmasi positif yang dilaporkan dalam 24 jam terakhir juga bertambah. Ia menyebut, kasus-kasus baru itu merupakan hasil tracing terhadap kontak erat pasien konfirmasi sebelumnya. Jumlahnya mencapai 73 orang.

SAG menyebut, 73 kasus baru tersebut meliputi warga Banda Aceh sebanyak 30 orang, Lhokseumawe 9 orang, warga Aceh Tengah dan Aceh Besar sama-sama 7 orang. Kemudian warga Aceh Utara sebanyak 5 orang, Langsa 3 orang, dan Bireuen 1 orang. Sedangkan 11 orang lainnya merupakan warga dari luar daerah.

Kasus Corona di Aceh Tembus 4.244 Orang: 155 Meninggal, 2.241 Sembuh
Update data COVID-19 Aceh, Minggu (27/9)

Lebih lanjut, SAG menyampaikan, dengan ada penambahan 73 kasus baru, secara akumulasi jumlah kasus positif COVID-19 (konfirmasi) di Aceh sudah mencapai 4.244 orang. “Rinciannya, 1.848 orang masih dirawat di rumah sakit atau diisolasi, 2.241 orang dinyatakan sembuh, 155 orang meninggal dunia.”

Ia juga menyebutkan ada penambahan 5 orang yang meninggal dunia di Aceh karena virus corona. “Lima orang dikabarkan meninggal dunia masing-masing warga Aceh Besar sebanyak 3 orang, Aceh Tengah dan Kota Langsa masing-masing 1 orang,” kata SAG.

Sementara itu, tambah SAG, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau kasus probable secara akumulasi sebanyak 409 orang. Dari jumlah tersebut, 60 PDP/probable dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 329 sudah sembuh (selesai isolasi), dan 20 orang meninggal dunia.

“Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 2.864 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.621 orang sudah selesai isolasi, 240 orang dalam proses isolasi di rumah dan dalam pantauan Tim Gugus Tugas COVID-19, dan 3 orang isolasi di rumah sakit,” kata SAG.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.