Friday, August 12, 2022
spot_img

Jemaah Haji Aceh Kloter Pertama Tiba di Bandara SIM Malam Ini

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM–Jemaah haji asal Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama BTJ-01 dijadwalkan akan tiba di Aceh malam ini, Selasa (26/7/2022). Mereka diperkirakan tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) pada pukul 19.30 WIB.

Koordinator Humas dan Penerangan PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Aceh, Tajri, mengatakan berdasarkan laporan dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) kloter 01-BTJ, Muhammad Qusay, jemaah haji Aceh kloter pertama sudah cek out dari hotel sejak Senin (25/7) pukul 23.00 untuk diberangkatkan ke Jeddah.

Lalu, Selasa (26/7) pagi, jemaah berangkat dari bandar udara internasional King Abdul Aziz (JED), Jeddah, pukul 07.05 Waktu Arab Saudi dan diperkirakan tiba di Bandara SIM pada hari yang sama pukul 19.30 WIB.

“Qusay juga melaporkan ada 3 jemaah yang menggunakan kursi roda dan 7 jemaah lainnya dalam pantauan khusus TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia) kloter 1,” ujar Tajri kepada wartawan, Selasa.

“Ia juga memastikan bahwa petugas kloter sudah melakukan pengecekan dan merapikan paspor dengan pihak maktab untuk ketertiban jemaah saat kepulangan,” tambahnya.

Tajri mengatakan, setelah tiba, dari bandara para jemaah akan dibawa ke Asrama Haji Aceh untuk pemeriksaan kesehatan, mengikuti upacara pelepasan, pengembalian paspor, pengambilan koper dan air zamzam, lalu kembali ke keluarga masing-masing.

“Begitu turun dari bus di asrama, jemaah langsung masuk ke ruang pemeriksaan antigen menurut urutan kendaraan bis dan nomor urut seat,” sebutnya.

Setelah antigen, kata Tajri, jemaah memasuki aula Jeddah untuk mengikuti upacara pelepasan ke daerah masing-masing, pengembalian paspor dan pengambilan koper. Sementara air zamzam akan diserahkan oleh petugas di asrama kepada petugas haji daerah menurut data jemaah per daerah.

“Kita usahakan, sebelum jemaah tiba di asrama, air zamzam sudah diterima oleh petugas daerah masing-masing,” ujarnya.

Tajri juga mengatakan bahwa kloter 1 yang berangkat ke Arab Saudi sejumlah 393 jemaah. “Namun ada 2 jemaah asal Pidie Jaya yang meninggal di Arab Saudi,” kata Tajri.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dua jemaah kloter 01-BTJ asal Pidie Jaya, Muslim bin Abdul Wahab Salam (51 tahun) meninggal dunia di dalam pesawat 15 menit sebelum landing di bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Rabu (15/6). Kemudian Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55 tahun) meninggal dunia di Rumah Sakit Al Noor, Makkah, Minggu (10/7).

“Jadi ada 149 jemaah laki-laki dan 242 jemaah perempuan yang kembali ke Aceh. Rinciannya, 187 orang dari Kota Banda Aceh, 70 dari Kabupaten Aceh Besar, 57 orang dari Aceh Utara dan 52 orang dari Pidie Jaya, ditambah empat petugas kloter dan dua TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah),” ujar Tajri. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,582FollowersFollow
23,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU