Jelang INACRAFT 2020, Dyah Ingatkan Dekranasda Daerah Siapkan Produk Kerajinan

0
417

Menjelang perhelatan International Handicraft Trade Fair Tahun 2020 (INACRAFT 2020) di Jakarta pada April mendatang, Plt Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Dyah Erti Idawati, mengimbau kepada seluruh pengurus Dekranasda kabupaten/kota di Aceh untuk fokus mempersiapkan produk kerajinan dan IKM khas daerah. Produk tersebut nantinya akan dipamerkan di INACRAFT 2020.

Hal itu disampaikan Dyah dalam rapat koordinasi dan silaturahmi bersama pengurus Dekranasda Kabupaten Nagan Raya di Aula Pendopo Bupati Nagan Raya, Rabu (12/2/2020).

“Setiap kabupaten harus menyiapkan kerajinan dan produk unggulan yang berkualitas baik untuk dipamerkan dan dijual di INACRAFT 2020,” kata Dyah.

Dyah menyampaikan, butuh Intervensi yang kuat dari Dekranasda kabupaten/kota untuk memotivasi pengrajin di daerah agar lebih fokus dan serius dalam membuat produk kerajinan yang berkualitas premium. Sehingga yang akan menarik perhatian pengunjung.

Ia juga menegaskan, produk yang akan dipertontonkan nantinya harus memiliki nilai unik dengan designe khusus yang mampu menonjolkan ciri khas dari masing-masing daerah. Sehinga menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk melihat bahkan membeli produk Aceh.

“Apakah nanti khasap atau produk tas dengan kualitas premium untuk kita pamerkan di Anjungan,” kata Dyah.

Selain itu, Dyah juga mengatakan pengrajin lokal juga harus lebih peka dan paham terhadap trend mode yang sedang berkambang di kalangan masyarakat saat ini. “Harus ikuti tren fashion saat ini, karena fashion itu kebutuhan yang tidak ada putusnya dan memiliki pasar yang tidak ada habisnya,” ujar Dyah.

Pameran INACRAFT 2020 tersebut nantinya akan menampilkan Provinsi Aceh sebagai ikon utama pameran. INACRAFT sendiri merupakan ajang bergengsi untuk produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara.

Ia meyakini, melalui perhelatan international tersebut mampu memajukan produk kerajinan khas Aceh dengan memaperkan dan memperkenalkan produk-produk andalan khas daerah Aceh.[RIL]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.