Wednesday, July 24, 2024
spot_img

Inilah Biaya Kredit Tanpa Agunan yang Harus Diketahui

KREDIT Tanpa Agunan bisa dibilang terobosan yang cukup membantu para nasabah bank yang sedang butuh dana urgen. Sekalipun tidak punya aset untuk diagunkan, nasabah dapat terbantu oleh bank untuk mendapatkan dana dengan ketentuan yang jelas. Memperoleh pinjaman ini pun cukup mudah. Anda ‘hanya’ perlu memenuhi persyaratan bank berupa identitas diri dan bukti legalitas pekerjaan.

Segera Anda memenuhi kualifikasi pihak bank dan melengkapi persyaratan dokumen yang diminta, aplikasi pun akan disetujui. Dana pun cair.

Akan tetapi, ada satu pertanyaan yang perlu Anda jawab sendiri: Apakah Anda sudah tahu biaya-biaya kredit tanpa agunan yang diterapkan oleh Bank?

Ya, bunga adalah salah satunya. Kita semua pasti mencari bunga yang paling rendah. Jika persentase bunga yang diterapkan terlihat besar maka bisa jadi Anda tidak akan memilih bank tersebut. Penerapan bunga untuk produk KTA (Kredit Tanpa Agunan) sendiri adalah mulai dari 0,99% sampai dengan 2,5%.

Memang benar bunga adalah salah satu biaya dari kredit tanpa agunan yang diterapkan oleh pihak Bank bagi para debitur. Namun, jangan hanya berkutat dengan bunga saja, faktanya ada biaya-biaya lainnya yang akan diminta oleh pihak Bank. Oleh karena itu, sebelum mengajukan aplikasi permohonan kredit, penting bagi kita semua mengetahui biaya-biaya apa saja yang jadi kewajiban. Tidak lucu, kan, kalau Anda merasa ‘ditipu’ oleh pihak Bank. Padahal, syarat dan ketentuan luput dari perhatian.

Jadi, daripada ngotot ke pihak Bank, mari bijak melihat ketentuan apa saja yang diberlakukan oleh suatu produk kredit ini:

Biaya Kredit Tanpa Agunan yang Diminta oleh Bank

  1. Biaya administrasi

Kita kemungkinan sudah memafhumi bahwa di hampir setiap transaksi bank kemungkinan ada biaya administrasinya, nah termasuk pula pada produk perbankan satu ini. Dalam pengajuan Kredit Tanpa Agunan, biaya tersebut disebut sebagai biaya provisi. Biaya ini biasanya dipotong langsung ketika Anda menerima uang pinjaman yang telah disetujui.

Berapa besar biaya provisi bergantung masing-masing bank. Biasanya sekitar 1% sampai 5% dari total plafon Anda. Ada pula yang menerapkan sejumlah nominal langsung untuk seberapa besar pun nominal pinjaman Anda. Sebagai contoh: Plafon Anda sebesar Rp 5  juta dengan provisi sebesar 1% maka, total pencairan dana yang Anda peroleh adalah sebesar Rp 4,950.000.

  1. Biaya pelunasan lebih awal

Biaya ini disebut sebagai biaya penalti. Jangan pikir kalau ingin melunasi utang sesegera mungkin malah ‘meringankan’. Faktanya beberapa bank ada yang menerapkan biaya penalti ini. Jadi Anda akan dikenakan biaya sebesar 5 – 6% dari sisa pinjaman.

  1. Biaya keterlambatan pembayaran

Di setiap jenis kredit pasti ada biaya keterlambatan pembayaran alias denda. Denda ini sendiri berbeda-beda namun umumnya ada yang menerapkan nominal tertentu.

  1. Biaya tahunan

Tidak semua bank memang menerapkan biaya tahunan ini. Namun tidak ada salahnya, Anda menanyakan apakah ada biaya tahunan ketika permohonan kredit Anda disetujui. Sebagai contoh, ada bank yang menerapkan biaya tahunan 2% untuk tahun pertama peminjaman dan lainnya. Biaya ini akan ditambahkan secara langsung pada cicilan ke-12 Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan kaget kalau ada biaya ‘lain’ di waktu tertentu tersebut.

  1. Biaya asuransi jiwa kredit

Asuransi jiwa kredit sifatnya opsional. Anda bisa mengambilnya ataupun tidak. Meski begitu, penting untuk mengetahui apa saja kegunaannya. Asuransi jiwa kredit dapat dapat melindungi anggota keluarga yang ditinggalkan apabila debitur meninggal dunia. Pihak bank tidak akan meminta anggota keluarga meneruskan angsuran apabila pihak debitur meninggal dunia dan selama ini dia membayar biaya asuransi jiwa kredit.

Nah, sekarang Anda sudah paham ya biaya-biaya kredit tanpa agunan ini? Tidak terkejut lagi, kan, kalau ada ‘biaya-biaya lain’ di cicilan bulanan Anda? Untuk membandingkan produk KTA terbaik untuk Anda, sila gunakan saja mesin perbandingan yang ada di CekAja.com. Kirimkan juga aplikasi Anda via CekAja.

 

Artikel menarik :

Ini Syarat KTA yang Wajib Anda Ketahui

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih KTA

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU