Harun Keuchik Leumiek Peroleh Penghargaan Adat

0
826

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Berkat dedikasinya di bidang adat dan budaya, Haji Harun Keuchiek Leumiek memperoleh Anugerah Derajah Kemuliaan (ADK) dari Majelis Adat Aceh (MAA). Prosesi penyerahan anugerah dilangsungkan di Yayasan Keuchiek Leumiek, kawasan Lamseupeung, Banda Aceh Rabu (25/1) malam.

Ini merupakan anugerah pertama yang diberikan Majelis Adat Aceh. Anugerah berlogo emas MAA dan sertifikat ini diberikan sebagai lambang pemuliaan dan penghargaan yang diberikan atas prestasi dan dedikasi Harun Keuchik Leumiek yang telah melestarikan budaya dan adat selama 32 tahun lamanya.

“Ini adalah awal yang membanggakan, kalau bukan sekarang kapan lagi. Kalau bukan kita siapa lagi,” kata Ketua MAA Badruzzaman.

Ia menyatakan, kiprah Harun sebagai penyelamat benda budaya Aceh layak mendapat anugerah tersebut. Anugerah ini juga sebagai pemicu bagi warga Aceh lainnya mengikuti langkah tokoh pers Aceh ini.

Selain ADK MAA. Perpustakaan Yayasan Keuchik Leumiek juga mendapatkan predikat Perpustakaan Yayasan Terbaik Nasional 2011 silam. Penilaian tersebut berdasarkan koleksi benda budaya dan naskah serta buku kuno yang disimpan di perpustaakan yayasan tersebut.

“Saya sangat tersanjung dengan penghargaan, tapi saya tidak perbah berharap melakukan pekerjaan ini,” ujar Harun.

Malam Anugerah Derajah Kemulian dihadiri Walikota Banda Aceh Mawardy Nurdin bersama wakilnya, Illiza Sa’aduddin Djamal, serta sejumlah tokoh adat dan budaya Aceh. Mawardy menyambut baik kiprah Yayasan Keuchiek Leumiek yang mendirikan TPA untuk anak-anak setempat secara gratis. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.