Hari Ini Bertambah 16 Kasus Baru dan 48 Pasien COVID-19 Sembuh di Aceh

Vaksinasi Corona di Aceh Dimulai, Sasar 3,7 Juta Warga Disuntik Vaksin
Tenaga medis mengambil dosis vaksin Sinovac pada pelaksanaan vaksinasi corona di Aceh, Jumat (15/1). Foto: Ucok Parta/acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pasien positif COVID-19 di Aceh yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir bertambah 48 orang. Sementara kasus terkonfirmasi positif bertambah sebanyak 16 kasus baru pada Selasa (19/1).

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani (SAG) mengatakan, masih ada 948 pasien positif COVID-19 di Aceh yang masih dirawat. Ia menyebut pada hari ini tidak ada kasus baru meninggal dunia di Aceh.

“Pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh tersebut telah selesai menjalankan isolasi mandiri atau sudah keluar dari rumah sakit, tempatnya dirawat selama ini,” kata SAG kepada awak media, Selasa malam.

SAG menjelaskan, 48 pasien yang dilaporkan sudah sembuh dari COVID-19 pada hari ini paling banyak berasal dari Kota Lhokseumawe dengan jumlah 32 orang. Berikutnya warga Kabupaten Pidie sebanyak 10 orang, dan warga Kota Langsa sebanyak 6 orang.

“Sementara 16 kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 tersebar di lima kabupaten dan kota, yakni warga Kabupaten Pidie Jaya sebanyak enam orang dan warga Aceh Besar empat orang. Selanjutnya, warga Kota Banda Aceh tiga orang, Lhokseumawe dua orang, dan satu lagi warga Gayo Lues,” ujarnya.

Kepada penderita baru COVID-19, SAG mengimbau untuk dapat menjalani perawatan sesuai anjuran medis yang menanganinya. Bagi yang tidak memiliki gejala dan dianjurkan isolasi mandiri, hendaknya dijalankan sesuai protokol kesehatan untuk melindungi anggota keluarga dan para tetangganya.

Menurutnya, begitu juga bagi penderita yang dirawat di rumah sakit rujukan atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), hendaknya menjalankan prosedur perawatan dengan baik. Percayakan semua tindakan perawatan kepada dokter dan tim medis lainnya supaya dapat ditangani secara optimal dan segera dapat meninggalkan ruang perawatan tersebut.

“Bila mengikuti semua anjuran dokter dan tim medis, istirahat total di ruang perawatan dan berdoa, Insya Allah segera pulih dari gelaja COVID-19 yang sangat tidak nyaman itu, dan sembuh kembali seperti sediakala,” sebutnya.

Data Update COVID-19 Aceh

Selanjutnya SAG menambahkan, jumlah akumulasi kasus COVID-19 di Aceh sudah mencapai 9.071 orang, terhitung sejak kasus positif pertama diumumkan pada 26 Maret 2020.

Dari jumlah itu, penderita yang dirawat saat ini 948 orang (kasus aktif), sudah sembuh sebanyak 7.749 orang, dan 374 orang meninggal dunia.

“Alhamdulillah, tidak ada pasien COVID-19 yang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir,” ujar SAG.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.