Wednesday, August 10, 2022
spot_img

Gunakan Aplikasi Ini untuk Baca Buku dari Ponsel

Di zaman yang modern ini, orang-orang lebih menginginkan sesuatu yang praktis dan mudah untuk digunakan. Perkembangan teknologi yang pesat juga sangat memungkinkan orang-orang untuk mengganti kebiasaan lama dengan kebiasaan baru yang lebih canggih.

Perubahan ini bisa dilihat dari kebiasaan sehari-har,i seperti lebih memilih untuk membaca berita secara online dibandingkan membaca koran atau anak sekolah beralih mengerjakan PR dengan menggunakan komputer.

Perubahan-perubahan itu juga terlihat dengan berubahnya preferensi orang terhadap buku. Saat ini, orang-orang lebih memilih untuk membaca buku secara online karena membawa buku dinilai tidak praktis dan sulit untuk dibawa ke mana-mana karena ukuran dan beratnya. Selain itu, membaca buku secara online dinilai sangat mudah karena bisa diakses melalui handphone, laptop, atau tablet.

Biasanya membaca buku secara online lebih murah dibandingkan membeli buku langsung di toko buku. Bahkan, banyak aplikasi membaca buku yang menyediakan layanan membaca gratis bagi penggunanya. Untuk itu, banyak penggemar buku mulai beralih untuk membaca buku secara online dibandingkan membeli buku fisik. Berikut kami rangkum rekomendasi aplikasi-aplikasi untuk membaca buku secara via online.

1. Nook
Nook memiliki 4 juta e-book yang bisa Anda akses mulai dari buku terbaru, buku best seller, majalah, hingga buku bacaan yang ringan seperti komik dan novel. Kelebihan aplikasi ini adalah Anda bisa mendapatkan review untuk sebuah buku dari pengguna lain sehingga memudahkan Anda untuk memilih buku yang ingin dibaca. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur voice over yang bisa Anda gunakan untuk mendengarkan isi buku yang sedang dibaca serta adanya fitur pengatur font, spacing, dan margin. Pengaturan ini tentunya membuat Anda lebih nyaman saat membaca.

2. iPusnas
Aplikasi membaca buku yang satu ini dikelola oleh Perpustakaan Nasional. iPusnas memiliki banyak e-book dari berbagai macam genre seperti romance, horor, petualangan, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa membagikan buku yang sedang Anda baca kepada orang lain layaknya media sosial. Dengan waktu peminjaman 5 hari, Anda bisa membaca buku gratis secara online di iPusnas.

3. iJakarta
iJakarta adalah aplikasi membaca buku secara online yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mirip seperti iPusnas, aplikasi ini juga memiliki fitur seperti media sosial yang bisa membagikan buku yang sedang Anda baca kepada orang lain.

Aplikasi ini juga memberikan Anda beberapa periode peminjaman buku, mulai dari 3 hari, 7 hari, hingga 10 hari. Hal ini tentunya memudahkan Anda dalam memilih waktu yang tepat untuk mengembalikan buku. Untuk mengaksesnya, aplikasi ini bisa Anda diunduh di Google Play Store, App Store, dan aplikasi PC.

4. EPerpusdikbud
Berbeda dengan iJakarta dan iPusnas, aplikasi Eperpusdikbud diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Aplikasi ini memudahkan mahasiswa untuk memilih buku untuk referensi tugas kuliah yang bisa diakses secara gratis. Selain buku-buku untuk referensi tugas kuliah, ada banyak buku-buku fiksi dan non-fiksi yang juga bisa diakses secara gratis di aplikasi ini.

5. iBi Library
iBi Library adalah aplikasi membaca buku gratis yang diluncurkan oleh Bank Indonesia. Aplikasi ini juga memiliki banyak genre buku yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Sama seperti aplikasi iJakarta dan iPusnas, iBi juga memiliki fitur yang bisa Anda akses untuk membagikan buku yang sedang dibaca untuk direkomendasikan kepada orang lain.

6. Storial
Anda bisa membaca ribuan buku gratis dengan banyak genre yang ditulis oleh penulis Indonesia di sini. Storial memiliki fitur AudioStory yang bisa Anda gunakan untuk mendengarkan buku yang sedang Anda baca dengan fitur ini. Selain itu, aplikasi ini juga bisa Anda jadikan tempat untuk menerbitkan cerita yang Anda tulis. Aplikasi ini juga menggelar beberapa kompetisi menulis yang berhadiah hingga jutaan rupiah. Anda bisa mengunduh aplikasi ini lewat Google Play Store dan Apple Store.

Dengan adanya teknologi yang berkembang di zaman modern ini, membuat semua kesulitan bisa dengan mudah teratasi, sama halnya seperti membaca buku. Itulah daftar 6 aplikasi membaca buku gratis yang bisa dengan mudah Anda akses. Semoga bermanfaat!

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,583FollowersFollow
23,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU