Gubernur Aceh Sebut Pulau Banyak Surga Tersembunyi

Ucok Parta/ACEHKITA.COM

PULAU BANYAK | ACEHKITA.COM — Gubernur Aceh Zaini Abdullah membuka secara resmi Festival Pulau Banyak 2016 di Pulau Balai, Aceh Singkil, Ahad (24/7/2016). Ia menyebutkan bahwa Pulau Banyak menyimpan potensi wisata andalan yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan kawasan itu.

Festival Pulau Banyak digelar mulai Ahad (24/7/2016) dan berakhir pada Senin (25/7/2016). Selama kegiatan dua hari ini, Festival akan dimeriahkan dengan sejumlah penampilan seni, budaya khas Aceh Singkil yang multikultur. Lalu pengunjung juga dimanjakan dengan wisata kuliner, wisata memancing, dan juga menikmati keindahan alam dan laut.

Gubernur Zaini menyebutkan, Pulau Banyak merupakan sebuah daerah yang memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Kawasan kepulauan yang berbatasan dengan Samudera Hindia itu juga dikenal sebagai surga tersembunyi di ujung selatan Aceh.

Festival Pulau Banyak, sebut Zaini, digelar untuk memperkenalkan surga di ujung selatan Aceh kepada masyarakat dunia. “Sektor kebudayaan dan pariwisata tidak boleh kita abaikan. Kita mempunyai potensi yang luar biasa di bidang ini,” ujar Zaini saat membuka Festival Pulau Banyak yang dipusatkan di Pulau Balai, Ahad.

Hanya saja, Gubernur sadar bahwa sarana penunjang sektor wisata di Pulau Banyak belum maksimal, seperti jalur transportasi. Zaini berjanji akan memberikan perhatian bagi kemajuan infrastruktur dan perkembangan wisata di Pulau Banyak.

Bupati Aceh Singkil Safriadi menyebutkan bahwa Pulau Banyak mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara dalam beberapa tahun terakhir. Hanya saja mereka kesulitan dalam mengakses Pulau Banyak karena tidak maksimalnya armada tranportasi.

Safriadi bilang, pengembangan potensi wisata Pulau Banyak terkendala infrastruktur. “Kami butuh transpor atau kapal cepat dan pembangunan infrastruktur seperti di Sabang,” pinta Safriadi. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.