Thursday, August 11, 2022
spot_img

Giliran Irwandi Yusuf Mendaftar via Nasdem

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Setelah Tarmizi A. Karim, kini giliran Irwandi Yusuf yang mendaftarkan diri menjadi bakal kandidat gubernur Aceh melalui Partai Nasdem, Kamis (24/3/2016).

Pengembalian formulir dan berkas pendaftaran dilakukan oleh Darwati A. Gani (anggota DPRA dari Partai Nasional Aceh) dan tim sukses Irwandi Yusuf, yang diterima langsung oleh Ketua Nasdem Aceh Zaini Djalil. Sedangkan Irwandi tidak kelihatan.

Irwandi Yusuf kembali menyatakan maju dalam pemilihan kepala daerah Aceh. Sebelumnya, pada pemilihan 2012, Irwandi Yusuf kalah dari pasangan calon Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf yang diusung Partai Aceh.

Bekas juru propaganda Gerakan Aceh Merdeka itu pernah sukses meraih dukungan pada pemilihan pertama yang digelar setelah GAM dan Indonesia berdamai pada 2006 lalu. Saat itu, Irwandi yang berpasangan dengan Muhammad Nazar sukses mendulang suara dan ditetapkan sebagai gubernur pada Februari 2007, hingga 26 Juni 2012.

Kini, Irwandi kembali mencalonkan diri. Partai bentukannya, Partai Nasional Aceh hanya menguasai tiga kursi di Parlemen Aceh. Sesuai aturan, PNA tidak bisa mengusung sendiri calon. Karenanya, PNA harus berkoalisi dengan partai lain untuk bisa mengajukan calon pada pemilihan mendatang.

Jika Nasdem bersepakat menggandeng Irwandi, koalisi kedua partai ini pun belum bisa mengajukan calon, karena baru menguasai 11 kursi. Syarat minimal mengajukan calon adalah 13 kursi parlemen. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,584FollowersFollow
23,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU