Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Banda Aceh, Getaran Terasa hingga Sigli

0
150
Ibnu GP/ACEHKITA.COM

BANDA ACEH | ACEHKITA.COMGempa bumi bermagnitudo 5,5 mengguncang Banda Aceh, Senin (13/7) pagi. Gempa terjadi pada pukul 07.58 WIB.

Dari informasi yang diunggah twitter resmi BMKG @infoBMKG dituliskan pusat gempa berada di 121 kilometer barat daya Banda Aceh. Adapun kedalaman pusat gempa (hiposentrum) tersebut adalah 10 kilometer.

BMKG mencatat pusat gempa yang mengguncang Aceh pada pagi ini berada pada titik koordinat 5.12 Lintang Utara dan 94.32 Bujur Timur.

Berdasarkan data BMKG lewat akun Twitter, guncangan akibat gempa itu dirasakan hingga Sigli dan Sabang dengan skala intensitas II Modified Mercalli Intensity (MMI). Sementara di Banda Aceh gempa bumi ini terasa dengan skala intensitas III MMI.

Sebagai informasi, getaran gempa pada skala II MMI dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang ringan digantung bergoyang. Sementara Skala III MMI: Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. BMKG menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.