Friday, July 12, 2024
spot_img

Gajah Liar Obrak-abrik Sawah di Keumala

KEUMALAM | ACEHKITA.COM – Puluhan hektar padi warga di kawasan Blang Lhok, Desa Jijiem Kecamatan Keumala, Pidie, terancam gagal panen akibat diobrak-abrik kawanan gajah liar sejak dua hari terakhir.

Kawanan gajah tersebut pertama sekali turun ke areal sawah Rabu, (15/3/2017) malam. Akibatnya padi yang akan memasuki masa panen dua minggu lagi rusak diinjak binatang bertubuh besar itu.

Seorang pemilik sawah, Idris Abdullah (60) mengatakan sawah miliknya telah porak-poranda diinjak gajah liar Kamis malam kemarin.

“Padi saya sebenarnya dua minggu lagi sudah bisa panen, namun hari ini semuanya telah rata dengan tanah setelah diinjak gajah liar,” ujar Idris.

Meski begitu, Idris mengaku tidak tahu harus melakukan apa untuk mengatasi permasalahan gajah liar. Selama ini, ia bahkan terpaksa menginap di sawah agar gajah tidak memasuki areal persawahan.

Ia berharap pemerintah mengambil langkah konkret agar petani tidak selalu dirugikan.

Petani lainnya, Abdurrahman mengungkapkan bahwa gajah liar bahkan telah memasuki areal persawahan kawasan Blang Maleh tadi malam. Sawah tersebut hanya berjarak ratusan meter dari perkampungan.

Bulir padi milik Abdurrahman sudah penuh, bahkan di sebagian petak sawah telah menguning. Dirinya juga berharap adanya perhatian serius dari pemerintah.

“Gajah bukan lagi di kebun tapi sudah turun ke sawah,” ujar Abdurrahman.

Sawah yang dirusak gajah tersebut memang sangat berdekatan dengan areal kebun warga yang sejak Desember 2015 telah diobrak-abrik gajah liar. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU