Festival Kopi Aceh Berakhir

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Wakil Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal resmi menutup Aceh Food and Coffee Festival (AFCF) 2012 yang digelar di Taman Sari, Banda Aceh, Minggu (4/11).

Pantauan acehkita.com, ratusan warga Banda Aceh memenuhi Taman Sari sejak menjelang sore untuk menikmati hari terakhir festival kopi yang digelar setiap tahun sekali. Warga terlihat terlihat sangat antusias saat mendatangi sejumlah stand yang disediakan panitia. Sebelum Wakil Walikota menutup secara resmi festival itu, penyair Aceh L.K. Ara turut menyumbangkan sebuah puisi yang menceritakan tentang kopi.

Wakil Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal, mengatakan, selama festival kopi yang digelar selama lima hari itu berlangsung, sejumlah kegiatan sudah dilakukan yang bertujuan untuk mempromosikan kopi Aceh ke luar negeri.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan agar masyarakt Aceh dapat mengetahui tentang kopi dan manfaat dari pada kopi itu sendiri,” kata Illiza dalam sambutannya.

Festival yang diadakan untuk kedua kalinya itu, dikuti oleh sejumlah warung kopi yang ada di Aceh. Keuntungan yang diraih dari festival ini pun sangat tinggi yaitu mencapai Rp30 juta dalam sehari.

“Sebagaimana yang dilaporkan oleh panitia, jumlah yang laku pun sangat tinggi yaitu mencapai hampir Rp30 juta dalam sehari,” jelasnya.

Illiza mengharapkan agar seluruh masyarakat Aceh dapat mensosialisasikan tentang kopi kepada masyarakat luar Aceh.

“Semoga kopi di Aceh semakin baik dan mutunya semakin meningkat sehingga eksportir yang membeli kopi Aceh semakin banyak dan berdampak bagi ekonomi bagi masyarakat,” pungkasnya.

“Kami juga mengingatkan kepada seluruh komponen masyarakat, banyak-banyaklah minum kopi tapi jangan karena kopi banyak merokok. Karena dampak rokok sangat buruk bagi kesehatan dan dampak kopi sangat baik bagi kesehatan,” tambah Illiza. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.