Fenomena Langka Penampakan Awan ‘Tsunami’ di Meulaboh, Berikut Penjelasan BMKG

0
206
Fenomena Langka Penampakan Awan 'Tsunami' di Meulaboh, Berikut Penjelasan BMKG
Penampakan awan langka di langit Meulaboh. (Foto: Warga)

MEULABOH | ACEHKITA.COM – Awan menyerupai ombak besar menggelantung di atas langit Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, pada Senin (10/8) pagi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut fenomena tersebut adalah awan Arcus atau disebut juga awan tsunami.

“Awan yang berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan tsunami,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang Aceh Besar, Zakaria, kepada acehkini media sindikasi acehkita.com, Senin (10/8).

Menurut Zakaria, awan Arcus adalah bagian dari awan Cumulonimbus dan jenis awan rendah yang biasanya berada pada satu level. Awan itu biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas sehingga tidak terpantau satelit.

“Awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat, bisa juga terjadi kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es,” ujarnya.

Penampakan Awan Langka Seperti Ombak Raksasa di Meulaboh

Zakaria mengimbau masyarakat bila melihat awan itu agar segera mencari perlindungan. “Jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat,” sebutnya.

Sebelumnya, sejumlah warga merekam kejadian unik itu, lalu membagikan videonya melalui media sosial. Kejadian itu mendadak pun viral.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.