Wednesday, October 27, 2021
spot_img

Dr Kamaruzzaman Bustamam ‘Touring Indonesia Harmoni’ Bareng Istri dari Aceh ke Papua

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh, Dr Kamaruzzaman Bustamam-Ahmad bersama istrinya, Fitri Zulfidar MA, mulai menjajal ‘Touring Indonesia Harmoni’ untuk keliling Indonesia mulai dari Banda Aceh sampai ke Papua.

Pelepasan touring pasangan suami istri ini dilakukan oleh Prof Yusny Saby (Ketua FKPT Aceh periode pertama 2012-2017) dan Prof M Hasbi Amiruddin (Ketua FKPT Aceh Periode kedua 2017-2020) di parkiran penerbit Bandar Publishing, Lamgugop, Banda Aceh, Rabu (28/7). Turut hadir juga pihak keluarga dan sejumlah koleganya yakni para pengurus FKPT Aceh di antaranya Mukhlisuddin Ilyas, Fakhri, Wiratmadinata, Dedy Adrian, Joko Sutranto, dan Nera Gustika.

Touring keliling Indonesia yang didukung oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia ini, Kamaruzzaman Bustamam mengendarai Motor Kawasaki Versys 250cc. Tema yang diusung dalam touring dari Banda Aceh ke Papua tersebut ialah kampanye “Indonesia Harmoni” dalam rangka sosialisasi peran dan fungsi FKPT sebagai perpanjangan BNPT RI, sekaligus memperkenalkan kearifan lokal Nusantara sebagai bagian dari strategi pencegahan upaya-upaya intoleransi, radikal dan terorisme ke masyarakat Indonesia dan internasional.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Komisaris Jenderal Boy Rafli Amar Kepala BNPT RI, Bapak Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis selaku Deputi Bidang Pencegahan dan seluruh staf di BNPT RI yang mendukung touring ini. Terima kasih juga kepada kawan-kawan di FKPT Aceh, Bank Aceh, LKS Mahirah, UIN Ar-Raniry dan sejumlah lembaga lain di Aceh yang ikut mendukung touring keliling Indonesia ini. Mohon doa untuk keselamatan saya bersama istri dalam menjalani kampanye Indonesia Harmoni ini,” ujar Kamaruzzaman.

Pria yang akrab disapa Doktor KBA itu menjelaskan, ia dan istrinya akan mengeliling Indonesia pada siang hari saja. Sementara pada malam hari akan menginap di kota-kota terdekat. Selama touring akan membangun komunikasi dan diskusi dengan para akademisi dan kawan-kawan FKPT provinsi lain di seluruh Indonesia.

“Hari ini kita bersyukur, pelepasan touring Pak KBA bersama istri dengan motor dilepas oleh guru kita Prof Yusny Saby dan Prof Hasbi Amiruddin. Ini pertanda bahwa kampanye Indonesia Harmoni untuk kedamaian Nusantara digagas dari Aceh untuk Indonesia,” ujar Ketua Panitia, Mukhlisuddin Ilyas.

Sebagai informasi, Dr Kamaruzzaman Bustamam Ahmad pada awal tahun 2021 lalu telah juga menjajal touring bersama istri dari Bali ke Aceh dengan sepeda motor tersebut. Cerita pengalaman touring itu telah ditulis berseri di website sagoe.id. Ia adalah Antropolog lulusan La Trobe University Australia yang produktif menulis artikel internasional, nasional dan buku. Buku yang populer ditulisnya sejumlah 6 jilid berjudul Acehnologi. []

Simak video pelepasan Touring Indonesia Harmoni Dr Kamaruzzaman Bustamam Ahmad bersama istri menempuh rute dari Banda Aceh ke Papua di bawah ini.

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,866FollowersFollow
22,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU