Distribusi Logistik di Bireuen Lancar

0
797

BIREUEN | ACEHKITA.COM – Sehari menjelang pemungutan suara, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen sudah menuntaskan pendistribusian logistik pemilihan presiden ke semua tempat pemungutan suara yang tersebar di 17 kecamatan dalam kabupaten tersebut.

“Semua logistik sudah diterima oleh KPPS, dan pada hari H besok, hanya tinggal pemungutan suara saja,” kata Ketua Pokja Logistik KIP Bireuen pada acehkita.com Selasa (7/7).

Menurut Imran, pada Senin (6/6) kemarin memang sempat terjadi kekurangan kertas suara di sejumlah TPS, namun setelah KIP menerima laporan kekurangan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), TPS yang kekurangan kertas suara itu, segera ditanggulangi. Jumlah TPS di Bireuen mencapai 678 unit.

Menyangkut dengan daftar pemilih tetap (DPT), hingga Selasa (7/7) pihak KIP Bireuen belum menerima adanya komplain dari masyarakat maupun tim suskses capres dan cawapres tertentu.

“Dari pemutakhiran data yang pada pada kami, jumlah pemilih yang masuk dalam DPT, meningkat sebesar 2 persen, dibandingkan pemilu legislatif pada April lalu,” beber Ketua Bidang Pemutakhiran Data dan Sosialisasi KIP Bireuen, Nurdin SE.

Menurutnya, jumlah calon pemilih yang masuk DPT 265.858, sedangkan pemilih yang masuk DPT pada pemilu legislative sebanyak 259.990, atau terjhadi penambahan data pemilih sebanyak 5.786 calon pemilih.

Menjawab terhadap adanya penambahan calon pemilih, Nurdin mengatakan, karena adanya perbedaan sistem pemutakhiran data. Jika pada pemilu legislatif lalu KIP memakai metode berdasarkan domisili hukum, sedangkan pada pemilu presiden kali ini memakai sistem berdasarkan domisili de facto.

“Penambahan calon pemilih terutama terdapat di wilayah-wilayah yang terdapat lembaga pendidikan seperti pesantren, atau asrama TNI dan Polri, yang keluarga mereka memiliki hak pilih,” kata dia. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.