Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Diduga Terlibat Jaringan Penembak Pos Polisi di Aceh Barat, Seorang Warga Ditangkap

MEULABOH | ACEHKITA.COM – Seorang warga ditangkap tim gabungan Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Aceh dan Kepolisian Resor Aceh Barat karena diduga terlibat dalam jaringan penembak pos polisi di Desa Manggie, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat.

Pria yang ditangkap itu berinisial JH. Polisi menyebut ia berperan sebagai pemantau lokasi. “JH ini memantau menggunakan HT (handy talkie), baik sebelum maupun sesudah penembakan terjadi,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Aceh Komisaris Besar Winardy, Selasa (9/11/2021).

Dari JH polisi menyita barang bukti berupa dua HT dan satu sepeda motor. Polisi mengatakan masih memeriksa JH secara maraton untuk mendalami kembali asal usul senjata api yang dipakai. Hasil pemeriksaan sementara, senjata yang digunakan jaringan penembak itu jenis AK 56 dan M16.

Winardy mengklaim motif penembakan itu karena komplotan penembak sakit hati ke polisi yang kerap menindak tambang ilegal di kawasan Panton Reu.

Enam Orang Lagi Masih Diburu

Kepolisian Daerah Aceh hingga kini masih memburu 6 orang lagi yang diduga terlibat dalam penembakan pos polisi itu. Winardy meminta mereka menyerahkan diri ke polisi karena identitas mereka diklaim sudah diketahui.

Sebelum menangkap JH, polisi sempat membekuk lima orang, tapi empat orang dibebaskan karena tidak terlibat. Sementara seorang di antaranya berinisial DP meski tidak terlibat dalam penembakan pos polisi, tapi dijerat Undang-Undang Darurat karena menyimpan tiga peluru aktif berkaliber 5,56 milimeter.

“Secara scientific investigation oleh penyidik maka penyidik berkesimpulan DP tidak terlibat penembakan pos polisi,” kata Winardy. Kini DP ditangguhkan penahanan karena ada jaminan dari kuasa hukum dan kepala desa.

Sebagaimana diketahui, pos polisi di Desa Manggie, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, diduga ditembak pada Kamis, 28 Oktober 2021 sekitar pukul 03.15 WIB. Tidak ada yang terluka akibat penembakan ini.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,059FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU