Thursday, August 11, 2022
spot_img

Buku ‘Pemenuhan Hak Anak di Aceh’ Diluncurkan

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Guna mendukung pemenuhan hak anak di Aceh, Flower Aceh bersama Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh dan Majelis Adat Aceh (MAA) dengan dukungan UNICEF meluncurkan buku panduan bagi tokoh agama dan tokoh adat untuk pemenuhan hak anak di Aceh. Peluncuran Buku Pemenuhan Hak Anak di Aceh tersebut berlangsung pada Rabu (23/12).

Dalam siaran pers yang diterima acehkita, acara peluncuran buku dilakukan secara tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan dan secara daring dengan mengundang perwakilan MPU dan MAA dari 23 kabupan/kota se Aceh.

“Buku panduan disusun oleh MPU dan MAA bersama UNICEF dan lintas sektor yang terdiri dari instansi pemerintah, organisasi profesi, lembaga pemerhati anak, dan organisasi lainnya, seperti Dinas Kesehatan, DP3A, BKKBN, IDAI, KPPAA dan lain sebagainya,” tulis Flower Aceh.

Disebutkan Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk. Muhibbuthabari, sangat mengapresiasi kerja keras tim penyusun buku pemenuhan hak anak di Aceh. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat menjadi bacaan yang dapat mencerdaskan kehidupan berbangsa.

“Buku ini sangat bermanfaat dalam mendukung pemenuhan hak anak di Aceh, terutama untuk mereka yang ingin melakukan perubahan (dalam pemenuhan hak anak),” ujat Muhibbuthabari.

Sementara Ketua MAA, Prof. Farid Wajdi Ibrahim, menyampaikan Aceh merupakan daerah istimewa yang memiliki aturan hukum khusus yang termaktum dalam Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) dan Qanun Aceh.

Menurutnya, buku yang diluncurkan itu sudah sangat baik untuk menjadi pedoman bersama, hanya saja tinggal bagaimana menyesuaikan dan memetik intisari dari bacaan, karena setiap generasi memiliki gapnya masing-masing.

“Setiap orang perlu ikut terlibat dalam meminimalisir faktor eksternal (yang tidak baik), seperti memastikan setiap anak terarah,” sebut Farid.

Kata dia, orang tua perlu memahami anak-anak melalui pendekatan berdasarkan usia, minat, dan lain-lain.

Dijelaskan juga, UNICEF dalam sambutannya menyatakan agar buku panduan ini dapat digunakan oleh para tokoh agama dan tokoh adat di Aceh dalam upaya mendukung usaha untuk memastikan setiap anak di Aceh terpenuhi haknya dan dibesarkan dalam lingkungan yang aman dan nyaman, serta mendukung tumbuh kembangnya dengan optimal agar menjadi anak Aceh yang hebat.[ril]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,584FollowersFollow
23,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU