Wednesday, November 30, 2022
spot_img

Bertambah Jadi 148 Kasus, COVID-19 di Aceh Meluas hingga 16 Kabupaten/Kota

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Ditemukan dua kasus terbaru positif virus Corona (COVID-19) di Kabupaten Aceh Timur, pada Senin (20/7). Total sudah terdapat sebanyak 16 kabupaten/kota yang telah terdampak pandemi COVID-19. Kini tersisa 7 daerah yang masih zero COVID-19 dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

“Dua kasus positif COVID-19 muncul di Aceh Timur, yakni Kasus 147 dan Kasus 148. Aceh Timur yang selama ini nihil COVID-19 langsung mencatat dua kasus sekaligus,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, kepada jurnalis pada Senin (20/7) malam.

Dengan ditemukan dua kasus di Kabupaten Aceh Timur pada hari ii, SAG juga menyampaikan bahwa persebaran COVID-19 di Aceh sudah semakin melebar. Saat ini, tersisa 7 kabupaten/kota di Aceh yang masih tidak memiliki kasus virus corona atau nol COVID-19.

“Tujuh kabupaten/kota yang masih nihil COVID-19 di Aceh, yakni Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Singkil, Nagan Raya, Pidie Jaya, dan Kota Subulussalam,” kata SAG.

Menurutnya, semua pihak di semua strata sosial harus proaktif menjaga diri, keluarga, dan masyarakat di sekitarnya. Pada tingkat individu, setiap saat memakai masker terutama saat berada di luar rumah.

Lebih lanjut, juga menjaga jarak antarsesama minimal 1 meter. Menerapkan etika batuk dan bersin, serta sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh mulut, mata, atau hidung.

Sementara pada tingkat komunitas, sambung SAG, masyarakat harus lebih selektif menyikapi informasi. Ada banyak berita palsu (hoaks) seputar COVID-19 dan harus disikapi secara bijak.

“Informasi yang diragukan kebenarannya segera konfirmasi kepada tenaga kesehatan, seperti bidan desa. Meski tidak perlu panik, kewaspadaan perlu ditingkatkan. Saling membantu dan mendukung untuk penguatan daya tahan berbasis komunitas,” sebutnya.

“Pada tingkat gampong (desa), Geuchik atau Reje atau sebutan lain selaku tetua gampong, lebih menggalakkan Gampong Siaga COVID-19, menerapkan protokol kesehatan gampong secara disiplin dan konsiten,” tambah SAG.

Update COVID-19 di Aceh

Selanjutnya, SAG melaporkan jumlah kasus positif COVID-19 di Aceh secara akumulatif sudah mencapai 148 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 68 orang dinyatakan sembuh, 9 orang meninggal dunia, dan 71 orang masih dalam penanganan tim medis di rumah sakit rujukan.

Adapun jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh, kata SAG, secara akumulatif sebanyak 2.330 orang setelah bertambah 3 orang pada hari ini. Ia merincikan, sebanyak 2.301 orang sudah selesai isolasi mandiri, dan 28 orang lainnya dalam pemantauan Tim Gugus Tugas COVID-19.

Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sebut SAG, masih sama dengan kemarin yakni 134 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 131 kasus telah dinyatakan sembuh, 2 pasien masih dalam penanganan tim medis, dan 1 orang lainnya meninggal dunia pada 26 Maret lalu.

Ia kembali mengajak semua pihak untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. “Tetap jaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun saat berada atau kembali dari fasilitas umum,” demikian SAG.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,637FollowersFollow
23,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU