Bertambah 3 Kasus Baru, Total Positif COVID-19 Jadi 110 dan Meninggal 5

0
161
Sehari Bertambah 10, Kasus Positif Corona di Aceh Melonjak Jadi 37
Pemakaman pasien positif COVID-19 di Aceh, Rabu 17 Juni 2020. (Foto: Ucok Parta/acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh kembali melaporkan penambahan kasus baru pasien positif virus Corona sebanyak 3 orang, Selasa (14/7). Total saat ini angka positif COVID-19 di Aceh mencapai 110 kasus.

“Tiga lagi kasus baru positif terinfeksi virus corona di Aceh hari ini,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Aceh, Saifullah Abdulgani dalam keterangannya pada Selasa (14/7) malam.

Pria yang akrab disapa SAG itu menyebut, tiga kasus baru tersebut masing-masingnya sebagai Kasus 108, Kasus 109, dan Kasus 110 di Aceh.

Ia menjelaskan, Kasus 108 merupakan perempuan usia 55 tahun, dan tercatat sebagai warga Kabupaten Bireuen. Kemudian Kasus 109 juga seorang perempuan usia 40 tahun yang tercatat sebagai warga Kota Sabang. Sedangkan Kasus 110 pemilik KTP luar Aceh juga seorang perempuan, usia 25 tahun.

Catatan acehkini, Sabang sempat nihil kasus COVID-19 seiring satu warganya yang positif terinfeksi virus Corona telah sembuh per Sabtu (11/7).

Lebih lanjut, SAG menyampaikan, nama inisial penderita digantikan dengan nomor urut untuk pencatatan kasus COVID-19 di Aceh. Ia menyebut, tujuannya untuk menghindari sangkaan sosial terhadap orang lain yang kebetulan namanya bisa diinisialkan serupa dengan penderita COVID-19.

“Nomor urut kasus kita pakai untuk yang meninggal maupun pasien baru terinfeksi virus Corona,” sebutnya.

Dengan bertambahnya 3 kasus positif baru tersebut, kata SAG, secara akumulasi kasus COVID-19 di Aceh per 14 Juli 2020 pukul 15.00 WIB sudah mencapai 110 orang.

SAG juga menyampaikan pada hari ini seorang pasien positif COVID-19 meninggal dunia dalam perawatan di RICU RSUDZA Banda Aceh sekira pukul 05.30 WIB. Ia menyebut, pasien Kasus 107 di Aceh yang meninggal dunia seorang laki-laki berusia 54 tahun warga Aceh Besar.

Ia mengatakan, jenazahnya telah dimakamkan dengan Protokol Kesehatan di Gampong Neheun, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar. Prosesi pemakaman dilaksanakan oleh Tim Instalasi Pemulasaraan Jenasah RSUDZA Banda Aceh yang dibantu keluarga juga masyarakat, serta disaksikan perangkat gampong dan Muspika setempat.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Gampong Neuheun, tokoh masyarakat, dan Muspika setempat, yang telah menunaikan fardhu kifayah untuk almarhum secara sempurna,” ujar SAG.

Dari total 110 kasus positif COVID-19 di Aceh hingga saat ini, jelas SAG, sebanyak 64 orang sudah sembuh, sedangkan 41 orang lainnya sedang dalam perawatan, dan 5 orang meninggal dunia–termasuk pasien Kasus 107 yang meninggal dunia pada hari ini.

“41 orang pasien COVID-19 masih dirawat rumah sakit rujukan provinsi maupun kabupaten/kota, termasuk tiga kasus baru yang positif terinfeksi virus Corona,” kata SAG.

Berikutnya, SAG juga menyampaikan bahwa jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) baru sebanyak 3 orang sehingga jumlahnya secara akumulatif menjadi 2.315 orang. ODP yang sedang menjalani isolasi mandiri dan dalam pengawasan petugas kesehatan sebanyak 19 orang. Sedangkan 2.296 lainnya sudah selesai masa pemantauan.

Adapun Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sambungnya, bertambah sebanyak dua orang, sehingga jumlah keseluruhan menjadi 134 orang. Ia merincikan, PDP yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak tiga orang, sudah sembuh 130 orang, dan 1 orang meninggal dunia pada 25 Maret 2020.

“Kasus COVID-19 tampaknya terus bertambah dan hal ini harus kita atasi dengan banyak berdoa dan berikhtiar menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara lebih ketat dan disiplin,” ujar SAG.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.