Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Bertambah 11 Orang, Kasus Aktif COVID-19 di Aceh Kini 999

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, menyampaikan penambahan 11 kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 pada Sabtu (23/1). Dengan penambahan itu, jumlah kasus aktif COVID-19 di Aceh saat ini berjumlah sebanyak 999 kasus.

“Penderita Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Aceh bertambah lagi sebanyak 11 orang, sehingga kasus aktif sudah mencapai 999 orang,” ujar Jubir yang akrab disapa SAG itu dalam keterangannya, Sabtu malam.

SAG menjelaskan, kasus aktif merupakan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan rumah sakit maupun isolasi mandiri.

“Penambahan 11 kasus baru positif COVID-19 tersebut berdasarkan uji swab dengan real time polymerase chain reaction yang dilaporkan hari ini,” sebutnya.

Sementara itu, ia menyebut tidak ada yang sembuh atau meningal dunia dalam waktu 24 jam terakhir di Aceh.

Adapun 11 kasus baru yang bertambah hari ini, jelas SAG, meliputi warga Kota Banda Aceh sebanyak lima orang, dan warga Kabupaten Aceh Utara sebanyak dua orang. Sedangkan empat lainnya masing-masing satu orang warga Kota Lhokseumawe, Kabupaten Pidie, Aceh Tamiang, dan Aceh Tenggara.

Ia mengatakan kasus aktif COVID-19 di seluruh Aceh hampir mencapai seribu orang dan sebagian besar melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Mereka tidak menunjukkan gejala dan tidak dirawat di rumah sakit.

“Harapan kita mereka tidak berinteraksi dengan orang lain selama masa isolasi tersebut. Anggota keluarga penderita hendaknya disiplin menjalankan protokol kesehatan sesuai petunjuk tim medis agar tak ikut tertular virus corona,” kata SAG.

Masyarakat diimbau untuk tidak lengah dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Di antaranya memakai masker secara benar saat berinteraksi dengan orang lain dan menjaga jarak 1 hingga 1,5 meter. Masker harus menutup mulut dan hidung, bukan sekadar tertempel di dagu dengan dua pengait di telinga. Selebihnya, tetaplah mencuci tangan sesering mungkin dengan air yang mengalir.

“Masyarakat hanya diminta menjalankan 3M itu secara disiplin dan konsisten. Sementara testing, tracing, dan treatment, dilakukan Satgas COVID-19 untuk mengendalikan penyebaran virus corona tidak kian menyebar,” tuturnya.

Lebih lanjut, SAG menyampaikan, jumlah akumulasi kasus COVID-19 di Aceh sudah mencapai 9.126 orang, terhitung sejak kasus positif pertama diumumkan pada 26 Maret 2020.

Dari jumlah total tersebut, pendirita COVID-19 yang dirawat saat ini 999 orang (kasus aktif), sudah sembuh sebanyak 7.753 orang, dan 374 orang meninggal dunia.

“Alhamdulillah, tidak ada pasien COVID-19 yang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir,” ujar SAG.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,058FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU