Belum Ada Kandidat Baru Mendaftar di KIP

0
755

LHOKSEUMAWE | ACEHKITA.COM — Memasuki hari kedua setelah Mahkamah Konstitusi mengeluarkan putusan sela yang memerintahkan Komisi Pemilihan membuka kembali pendaftaran, hingga Rabu (18/1) belum satu pun yang mendaftarkan diri. Padahal, Komisi Independen Pemilihan memutuskan hanya menerima tiga hari pendaftaran.

Pantauan acehkita.com di Lhokseumawe dan Aceh Utara, tak ada bakal kandidat yang mengambil formulir pendaftaran. Kantor penyelenggara pemilihan di dua kawasan itu sepi aktivitas. Hanya aktivitas rutin sekretariat saja terlihat. Meski begitu, petugas sekretariat KIP telah menyiapkan berkas dokumen persyaratan yang diperuntukkan bagi bakal kandidat baru.

“Belum ada yang mendaftar dan mengambil formulir,” kata Afdar, staf sekretariat KIP Lhokseumawe, Rabu (18/1).
Pemandangan serupa terlihat di kantor KIP Aceh yang terletak di Kompleks Gedung Arsip Aceh. Para komisioner KIP Aceh sejak siang mengadakan serangkaian rapat koordinasi membahas amar putusan Mahkamah dan masa pendaftaran.

Selain rapat internal, komisioner KIP juga mengadakan rapat dengan anggota KPU Endang Sulastri dan Kepala Biro Hukum KPU Teuku Syaiful Bahri. Ketua KIP Aceh Abdul Salam Poroh sore Rabu mengeluarkan surat keputusan yang mengatur soal jadwal dan tahapan bagi kandidat baru.

Dalam SK No 29/2012 itu, KIP hanya memberikan kesempatan kepada bakal kandidat selama tiga hari, sampai 20 Januari. KIP akan memberlakukan sistem simultan. Kandidat yang mendaftar, akan langsung mengikuti uji baca Quran dan tes kesehatan pada hari yang berdekatan. KIP akan menetapkan calon tetap yang baru pada 24 Januari 2012.

Keputusan KIP ini imbas dari tak sepahamnya para komisioner pada jadwal pemungutan suara. Abdul Salam Poroh berpendapat bahwa tanggal pencoblosan tetap 16 Februari. Sementara Robby Syahputra menyebutkan bahwa tidak mungkin semua tahapan bagi kandidat baru dijalankan dalam waktu tujuh hari. []

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.