Radzie/ACEHKITA.COM

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM -– Pemerintah Kota berniat menjadikan Banda Aceh sebagai salah satu daerah tujuan wisata islami di dunia. Karenanya, Pemko menggandeng Asosiasi Travel Asia Pasifik (PATA) untuk mempromosikan daerah wisata islami ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh Fadhil menyebutkan, kerjasama dengan PATA dalam bentuk promosi potensi wisata islami yang bertujuan untuk menarik wisatawan mancangera berkunjung ke Aceh.

“Tanggal 31 Maret ini kita akan MoU dengan PATA, sekaligus kita akan deklarasikan Banda Aceh sebagai pusat wisata islami dunia,” kata Fadhil Sabtu (21/3/2015).

PATA, menurut Fadhil, memiliki jaringan luas dalam mempromosikan daerah wisata secara meluas. Banda Aceh sendiri menargetkan penambahan jumlah kunjungan wisatawan ke ibukota Provinsi Aceh ini.

Fadhil optimistis target penambahan wisatawan itu berhasil. Pasalnya, Pusat telah membebaskan visa bagi wisatawan dari 30 negara yang akan berkunjung ke Indonesia.

Potensi wisata islami di Banda Aceh dinilai Fadhil tergolong besar. Salah satunya adalah Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Baiturrahim Ulee Lheue yang selamat dari gempuran tsunami, dan sejumlah situs sejarah Kesultanan Aceh yang sarat dengan nilai-nilai islami. Tak hanya itu, Aceh juga memiliki budaya dan adat istiadat yang kental nilai relijiusitasnya, selain pemberlakuan syariat Islam.

“Kita juga punya tempat-tempat situs sejarah dari tiga peradaban; peradaban Hindu, peradaban Islam dan peradaban (Islam) modern. Kemudian situs-situs tsunami, itu banyak daya tariknya,” sebut Fadhil. []

ATTAYA ALAZKIA

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.