Anggota DPR RI Apresiasi UTBK Unsyiah di Tengah Pandemi COVID-19

Foto: Ucok Parta

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Muhammad Kadafi, meninjau langsung pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Minggu (5/7/2020).

Dia didampingi Rektor Unsyiah Prof. Samsul Rizal, tampak mengunjungi salah satu lokasi ujian di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, pada hari pertama tersebut. Pelaksanaan UTBK berlangsung 5 -12 Juli 2020. Ada sebanyak 9.269 peserta yang ikut seleksi penerimaan mahasiswa baru di Unsyiah tahun ini.

Kadafi mengapresiasi atas kesiapan Unsyiah dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dalam pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi ini. “Saya lihat protokol kesehatan di Unsyiah sudah dilaksanakan dengan tertib dan benar. Proses tempat duduk dan pemberian informasi bagi peserta juga cukup baik,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan UTBK kali ini secara tak langsung turut mengedukasi masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Apalagi dalam memasuki fase new normal. Para peserta UTBK diajak memahami kondisi sekarang yang tidak sama dengan sebelumnya. Sebagai contoh, peserta ujian harus menggunakan masker dan sarung tangan dalam menjawab soal. Maka mereka dituntut untuk mulai terbiasa dengan kondisi-kondisi demikian.

“Jadi ini sedikit tidak nyaman, maka kita perlu memberikan informasi dari awal bagi seluruh peserta untuk mulai terbiasa. Jangan sampai gak fokus sama ujiannya. Jadi harus mengedukasi mereka untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

Prof Samsul Rizal (kiri) dan Muhammad Kadafi (kedua kiri) meninjau UTBK di Unsyiah. Foto: Humas Unsyiah

Sementara itu Rektor Unsyiah mengungkapkan, pihaknya sangat memperhatikan kesehatan atau keselamatan peserta ujian. Proses pelaksanaan ujian dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 telah disiapkan jauh hari, berkoordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 Kota Banda Aceh.

“Semua ini kita persiapkan agar anak-anak kita yang melaksanakan UTBK ini terjamin keselamatannya, di samping kita akan terus berdoa dan menguatkan ikhtiar, agar wabah ini segera berakhir,” ucap Rektor. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.