Akkopsi: Kesibukan Pilkada Tak Boleh Abaikan Sanitasi

0
1455

Banda Aceh – Ketua Umum Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) HM Rizal Effendi, menegaskan, seluruh kabupaten dan kota yang tergabung dalam organisasi itu untuk berkomitmen menyelesaikan segala persoalan sanitasi di seluruh daerah di Indonesia.

“Kita semua komit. Walau pun sibuk dengan pilkada, masalah sanitasi tetap harus kita selesaikan,” ujar Rizal, dalam sambutannya pada pembukaan Konverensi City Sanitation Summit ke 16, di AAC ayan Dawood banda Aceh, Kamis (24/11/2016).

Rizal yang juga Wali Kota Balikpapan, menyebutkan, seluruh pimpinan daerah berkomitmen untuk mendukung target universal pemerintah yaitu terpenenuhinya kebutuhan sanitasi dan air bersih bagi masyarakat di tahun 2019.

Terget besar tersebut adalah kewajiban pemerintah untuk menyediakan layanan dasar untuk air minum dan sanitasi bagi seluruh warga negara 100 persen air minum, 0 persen permukiman kumuh dan 100 persen sanitasi di tahun 2019.

Sementara Menteri koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani yang membuka konverensi tersebut, menyebutkan, komitmen para kepada daerah tersebut merupakan langkah nyata yang sangat patut diapresiasi. “Komitmen ini tidak boleh berhenti meski nantinya ada daerah yang kepalanya berganti. Ini harus berlanjut,” ujar Puan.

Puan menyebutkan, air minum dan sanitasi merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat penting untuk membangun manusia yang sehat. Apa yang dilakukan oleh para wali kota dan bupati dengan mengkonverensikan terkait sanitasi itu, kata Puan, seleras dengan gerakan hidup sehat sebagai upaya bersama untuk hidup bersih dan sehat.

City Sanitation Summit merupakan agenda tahunan yang mengkonverensikan persoalan sanitasi sebagai sebuah upaya preventif kesehatan. Acara ini diikuti oleh para kepala daerah yang tergabung dalam Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.