Aceh Kirim 50 Atlet ke Arafura Games

0
1139

BANDA ACEH, acehkita.com. Aceh dipastikan akan mengirimkan 50 atlet untuk ambil bagian dalam Arafura Games 2009 di Darwin, Australia pada 9-17 Mei mendatang. Selain Aceh, tiga daerah lain, Papua Barat, Bali dan Nusa Tenggara Timur ikut memeriahkan even dua tahunan itu.

Ketua Kontingen Aceh, Muslim Aiyub, kepada acehkita.com, tadi sore mengatakan keikutsertaan Aceh pada tahun ini adalah yang kedua. Sebelumnya, pada 2007, Aceh menggondol dua perak, satu perunggu. Katanya, cabang-cabang yang dikirim terdiri dari enam cabang olahraga, masing-masing atletik dengan satu atlet, menembak (8), tinju (2), basket (12) renang (2) dan sepakbola (25).

Muslim menyebutkan, dari 50 atlet itu, 31 atlet menjadi tanggungan KONI Aceh, sedangkan sepakbola dan enam atlet menembak ikut dengan biaya sendiri. “Keberangkatan ke Darwin masih dalam tahapan persiapan. 50 atlet, 29 offisial sudah dalam pengurusan administrasinya,” kata anggota DPR Aceh ini.

Dia menambahkan, pada Arafura Games 2007 lalu, pihaknya memboyong 40 orang atlet dan offisial. Ketika itu, lanjut dia, pihaknya tidak ‘menargetkan medali apapun’, namun kenyataan mampu mendulang dua perek dari tinju serta satu perunggu dari menembak.

Dia berharap, pada pesta olahraga Darwin kali in, Aceh juga berharap dapat mengharumkan kembali nama Aceh dan Indonesia pada umumnya. “Kita harapkan bisa melampaui perolehan medali dua tahun sebelumnya,” kata Muslim yang juga ketua Pengda Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Aceh.

Selain Indonesia, kegiatan dua tahunan ini juga diikuti Amerika Serikat, Singapura, Libanon, Thailand, Taiwan, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Selandia Baru, Filipina, Fiji, Macau, Tonga, Jepang, Malaysia, Kaledonia Baru, Singapura, Vietnam, Samoa dan Afrika Selatan.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.