Saturday, January 22, 2022
spot_img

Aceh Juara Umum API Award 2021, Borong 7 Penghargaan Termasuk Destinasi Kreatif

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Aceh berhasil keluar sebagai juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) Award Tahun 2021 dengan memborong tujuh penghargaan dari 18 kategori yang dilombakan. Penghagraan ini diserahkan pada malam puncak API Award 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (30/11) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin, mengatakan Aceh berhasil meraih tujuh penghagaan dari 18 kategori yang dilombakan pada API Award 2021. “Alhamdulillah tujuh dari 12 destinasi yang masuk nominasi menjadi juara,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima acehkita, Rabu (1/12).

Ia menyampaikan bahwa penghargaan tersebut penting sebagai langkah memajukan kepariwisataan di Aceh.

Jamaluddin menjelaskan, tujuh kategori yang berhasil dimenangkan Aceh terdiri dari juara 1 untuk kategori Brand Pariwisata Terbaik yaitu Banda Aceh, juara 1 kategori Highland yaitu Sigantang Sira di Aceh Selatan, juara 3 Minuman Tradisional yaitu Kupi Khop di Aceh Barat, dan juara 3 Promosi Pariwisata Digital (instagram) Explore Gayo di Aceh Tengah.

Selanjutnya juara 2 Promosi Ekowisata Ujung Tamiang di Aceh Tamiang, juara 1 Festival Pariwisata yaitu Festival Pulau Banyak di Aceh Singkil, dan juara 1 Destinasi Kreatif berupa Anjungan Tapak Tuan Tapa di Kabupaten Aceh Selatan.

Jamaluddin mengatakan, dengan penghargaan sebagai juara umum Anugerah Pariwisata Indonesia (API) Award 2021 tersebut, membuktikan bahwa Aceh adalah sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia. Menurutnya, prestasi itu membawa pengaruh positif bagi promosi pariwisata di Aceh, baik nasional maupun internasional, yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selain itu, Jamaluddin berharap agar masyarakat di lokasi wisata selalu mendukung perkembangan kepariwisataan. “Sebagai tempat wisata unggulan, tentu dukungan masyarakat sangat penting,” sebutnya.

Ia menyebutkan, kerja tim serta sinergi dan kolaboratif dilakukam sesuai arahan dan bimbingan Gubernur dan Sekda Aceh telah membuahkan hasil. Di mana Aceh untuk yang pertama kalinya mendapatkan juara umum API Award 2021. “Insya Allah Aceh juga terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan API Award 2022, semoga kita bisa mempertahankan kembali juara umum,” kata Jamaluddin.

Penyerahan hadiah juara umum diserahkan oleh Direktur Merek dan Indikasi Goografis Kemenkum HAM RI, Novli, yang diterima langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Aceh yang juga Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati.

Dyah mengaku bangga dan senang dengan apresiasi pemerintah dan seluruh masyarakat terhadap pariwisata di Aceh. Ia berharap keberhasilan Aceh memenangkan API Award tahun ini menjadi motivasi kepada seluruh instansi dan para pelaku pariwisata, dalam meningkatkan sinergi dan kerja sama untuk mendorong pengembangan destinasi dan promosi pariwisata di Aceh.

“Prestasi yang membanggakan ini harus terus ditingkatkan,” ujar Dyah.

Selain itu, Dyah Erti yang didampingi Duta Wisata Indonesia 2021, Muhammad Akkral dan Salwa Nisrina Authar Nyakcut juga berpesan kepada seluruh Dekranasda kabupaten/kota untuk memanfaatkan momentum prestasi API ini sebagai kebangkitan industri kreatif dan kerajinan Aceh ke depan. Pasalnya, penghargaan Anugerah Pesona Indonesia ini bisa mendorong industri kreatif dan kerajinan Aceh menjangkau pasar yang lebih luas.

“Kita juga harus jeli melihat peluang kerajinan rakyat dalam mendorong suksesnya program pariwisata Aceh. Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada kabupaten/kota yang telah mengharumkan nama Aceh. Semoga prestasi yang diraih dapat lebih ditingkatkan di masa depan. Kita secara bersama-sama akan terus berbenah diri guna mencapai hasil yang lebih baik pada tahun-tahun mendatang,” sebut Dyah. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,154FollowersFollow
22,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU