Tuesday, April 30, 2024
spot_img

COVID-19 di Aceh Hari Ini: 16 Kasus Positif Baru, 39 Pasien Sembuh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), menyebutkan jumlah kasus aktif di Aceh saat ini sebanyak 886 orang, setelah 39 orang dinyatakan sembuh pada hari ini, Senin (28/12). Dari jumlah kasus aktif COVID-19 itu, sebanyak 131 orang di antaranya masih dirawat di rumah sakit.

“Penderita Coronavirus Disease 2019 yang sembuh bertambah lagi 39 orang. Pasien COVID-19 yang masih dirawat di rumah sakit tinggal 131 orang, atau 14,8 persen dari kasus aktif saat ini, sebanyak 886 orang,” kata SAG dalam keterangannya, Senin malam.

SAG mengatakan, sementara kasus terkonfirmasi baru positif COVID-19 bertambah sebanyak 16 orang, dan tidak ada kasus meninggal dunia di Aceh dalam 24 jam terakhir.

“Pasien yang masih dirawat di rumah sakit saat ini sebanyak 12 orang di Intensive Care Unit dan 119 orang di ruang perawatan isolasi,” ujar SAG.

Ia merincikan, pasien COVID-19 yang dilaporkan sembuh sebanyak 39 orang di Aceh hari ini paling banyak warga Aceh Selatan dengan jumlah 30 orang. Kemudian warga Subulussalam tiga orang, warga Aceh Singkil dan Langsa sama-sama dua orang. Sedangkan dua orang lainnya warga Nagan Raya dan Aceh Tamiang.

Sementara 16 kasus terkonfirmasi baru hasil pemeriksaan swab dengan real time polymerase chain reaction (RT-PCR), sebut SAG, meliputi warga Kota Banda Aceh sebanyak 10 orang, warga Aceh Besar dua orang. Kemudian warga Aceh Utara, Lhokseumawe dan Langsa masing-masing satu orang. Sisa satu kasus lainnya warga dari luar daerah.

“Meski kasus baru terkonfirmasi masih pada kisaran belasan orang dalam beberapa hari terakhir, namun tidak boleh dianggap remeh. Kasus baru bisa tiba-tiba melonjak tajam apabila warga tidak waspada dan mengabaikan protokol kesehatan,” tuturnya.

SAG kembali mengimbau masyarakat selalu waspada dan disiplin mempraktikkan perilaku baru dengan 3M. “Mencuci tangan pakai sabun sesering mungkin di bawah air yang mengalir, memakai masker, dan selalu menjaga jarak. Hindari orang-orang yang berkerumun atau berdesak-desakan, seperti di kawasan wisata dan saat di dalam moda transportasi,” ujar SAG.

Selanjutnya, ia menyampaikan, jumlah akumulatif kasus COVID-19 di Aceh sudah mencapai 8.727 orang. Dengan rincian: pasien yang dirawat saat ini 886 orang (kasus aktif), sudah sembuh sebanyak 7.497 orang, dan 344 orang meninggal dunia.

“Alhamdulillah tidak ada laporan penderita yang meninggal dunia hari ini,” sebut SAG.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU