840 Kafilah Ikut MTQ

TAKENGON | ACEHKITA.com — Sebanyak 840 kafilah dari 23 kabupaten/kota, akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 tingkat provinsi yang dipusatkan di Takengon, Aceh Tengah, 22-29 Juni. Sembilan cabang diperlombakan dalam musabaqah yang akan dibuka Wakil Gubernur Muhammad Nazar malam ini.

Cabang-cabang yang akan diperlombakan meliputi Fahmil Quran, Kira-ah Sab’ah, Syarhil Quran, Khattil Quran, Tilawah, Tartil Quran, Tahfidh, dan menulis kandungan Quran. Cabang tilawah diperlombakan juga untuk kategori cacat tuna netra. Sementara cabang Tahfidh dibagi dalam dua cabang, yaitu Tahfidh dari juz satu hingga 10, dan juz 20 hingga 30.

Pembukaan MTQ diawali dengan atraksi tarian massal oleh 650 penari asal Gayo. Malam ini Wakil Gubernur Muhammad Nazar akan membuka secara resmi. Sebelumnya, pagi tadi, juga dilakukan pawai taaruf yang diikuti semua peserta MTQ. Pawai diiringi atraksi drum band dan tabuh minang saiyo oleh pelajar dari Takengon.

Wagub Nazar menyebutkan, MTQ ini selain untuk menggalakkan upaya baca Quran juga menjadi ajang silaturahmi.

“MTQ ini juga ajang untuk melahirkan kafilah-kafilah yang akan bertanding pada tingkat nasional di Kepulauan Riau nanti,” kata Nazar. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.