576 CPNS Kemenag Aceh Mulai Ikut SKB Tes Praktik Kerja Secara Daring

0
143
576 CPNS Kemenag Aceh Mulai Ikut SKB Tes Praktik Kerja Secara Daring
CPNS Kemenag Aceh mulai ikut SKB tes praktik kerja. (Foto: Dok. Kemenag Aceh)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 576 peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipili (CPNS) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh formasi 2019 mengikuti praktik kerja mulai hari ini, Senin (14/9). Tes praktik kerja ini akan berlangsung hingga 17 September mendatang.

Guna memastikan pelaksanaan SKB pada hari pertama berjalan lancar dan peserta menerapkan protokol kesehatan, Kepala Kanwil Kemenag Aceh Iqbal meninjau pusat pelaksanaan SKB di MTsN 1 dan MAN Model Banda Aceh, Senin (14/9).

“Alhamdulillah, sejauh ini belum ada kendala yang kita dapatkan. Para peserta juga dengan tertib mengikuti seluruh arahan yang telah kita sampaikan jauh-jauh hari melalui Kankemenag dan via media sosial,” kata Iqbal.

Ia menyebut, panitia pelaksanaan SKB telah mempersiapkan tempat dan juga memastikan jaringan internet dan aplikasi stabil saat pelaksanaan SKB.

“Karena ini sistem daring kita sudah mempersiapkannya dengan sebaik mungkin, sehingga tidak ada hambatan saat pelaksanaan tes,” katanya.

Dikatakannya, setiap peserta diberikan waktu 30 menit pada ujian praktik kerja tersebut yang merupakan satu dari tiga tahapan tes SKB CPNS Kemenag formasi 2019.

Ia menjelaskan, pelaksanaan SKB CPNS Kemenag Aceh dilakukan secara transparan dan akuntabel. “Kita menyiapkan sistem aplikasi, kepanitiaan serta pengawasan sejak awal untuk memastikan pelaksanaan SKB berjalan dengan akuntabel dan transparan, harapannya akan lulus calon-calon PNS terbaik,” sebutnya.

Pelaksanaan SKB tahun ini dilakukan secara daring dan para penguji berada di MTsN 2 Banda Aceh. Jadwal SKB sama seluruh Aceh, dan serentak dilakukan se-Indonesia.

“Bukan hanya kita, seluruh instansi juga melaksanakannya secara daring. Kita harapkan juga peserta menggunakan masker serta tetap mengindahkan protokol kesehatan selama berada di lokasi SKB,” ujar Iqbal.

Sehari sebelumnya, ia menyampaikan, peserta SKB diwajibkan hadir lebih cepat atau 120 menit sebelum ujian dimulai pada pukul 07.30 WIB. “Ini harus benar-benar menjadi perhatian dan dipatuhi, karena akan dilakukan pendataan terlebih dahulu sebelum ujian, tepatnya saat berada di lokasi ujian yang telah ditentukan,” sebutnya.

Iqbal menjelaskan, setelah praktik kerja selesai, kemudian peserta akan mengikuti tes psikotes pada 18 September, dan terakhir wawancara mulai 19-22 September 2020.

Peserta tes SKB CPNS Kemenag Aceh juga diingatkan untuk membawa kartu tanda peserta ujian dan KTP/Identitas yang sah saat ujian.

“Identitas dimaksud harus mencantumkan NIK yang masih berlaku. Ini sudah jauh-jauh hari kita umumkan agar menjadi perhatian seluruh peserta,” kata Iqbal.

Lebih lanjut, ia berharap seluruh peserta mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, karena hasil akan ditentukan oleh usaha dan doa para peserta.

“Jangan percaya calo, laporkan kepada kami jika ada yang mengaku bisa meluluskan. Hanya usaha dan doa saudara yang akan menentukan hasilnya baik atau tidak, yakinlah hanya Allah harapan tertinggi,” ujar Iqbal.

Ia menyebut, tes SKB CPNS Kemenag Aceh yang diikuti 576 peserta mulai 14 hingga 22 September mendatang memperebutkan 237 formasi. Sebelumnya tes SKB tersebut ditunda akibat merebaknya penyebaran virus corona.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.